Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Direktorat Lalu Lintas terus mengajak pelajar untuk gemar bersepeda ke sekolah dalam rangka menggaungkan Program Transportasi Sehat Merakyat (TSM) yang digagas Korlantas Polri.

"Kami harapkan siswa menghindari menggunakan sepeda motor baik ke sekolah maupun ke tempat lain demi keselamatan," kata Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Dra Nina Rahmi MM.

Untuk menggelorakan semangat bersepeda itu, Nina dan para srikandi Ditlantas Polda Kalsel lainnya rajin menyambangi sekolah-sekolah baik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Dengan balutan kegiatan "Police Goes to School", Nina dan timnya memberikan edukasi kepada pelajar dan dewan guru untuk sama-sama menggunakan Transportasi Sehat Merakyat.

Seperti diketahui, tiga poin utama substansi TSM yakni berjalan kaki, bersepeda, dan penggunaan angkutan umum di perkotaan.
Nina menjelaskan, pembudayaan transportasi sehat merakyat berhasil diterapkan jika muncul kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dari segala aspek kehidupan di jalan raya atau perkotaan.

"Fasilitas yang memadai juga penting dipenuhi pemerintah seperti trotoar untuk pejalan kaki dan jalur khusus sepeda di sisi jalan, termasuk angkutan umum yang layak dan nyaman," paparnya.

Adapun sekolah yang baru-baru ini disambangi para srikandi Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel untuk sosialisasi TSM, yakni SMPN 12 Banjarmasin. Pada kesempatan itu, Nina mengenalkan kepada para pelajar tentang rambu-rambu lalu lintas dan aturan berlalu lintas di jalan raya serta etika berkendara dengan selalu menghargai pengguna jalan lainnya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018