Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan untuk kategori indeks pembangunan ketenagakerjaan dan indikator utama pelatihan dan kompetensi kerja terbaik.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI M Hanif Dhakiri kepada Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan di Jakarta, Senin pagi.

Pemerintah Provinsi Kalsel, dinilai berperan aktif meningkatkan kompetensi ketenagakerjaan, sehingga layak menjadi salah satu daerah penerima penghargaan terbaik nasional dari 19 kategori sektor pembangunan ketenagakerjaan yang dianugerahkan pemerintah.

Kalsel donobatkan sebagai daerah terbaik kategori indeks pembangunan ketenagakerjaan dan indikator utama pelatihan dan kompetensi kerja terbaik.

Hanif Dhakiri mengatakan, pemerintah saat ini semakin fokus terhadap investasi untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Fokus investasi peningkatan SDM tersebut, kata Hanif, sebagai jawaban untuk menyikapi kencangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi .

"Kecepatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini harus disikapi dengan perubahan nyata dari di sisi regulasi sebagai pendukung utama," katanya.

Dia menambahkan, pemerintah saat ini memberian kesempatan seluas- luasnya kepada masyarakat yang memiliki kemauan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan ketenagakerjaan.

Balai latihan kerja (BLK) yang ada di pusat dan daerah, siap memberikan kesempatan edukasi keterampilan kerja kepada masyarakat sesuai program yang telah dijadwalkan.

Menaker menyampaikan apresiasi tinggi kepada daerah yang berhasil meraih anugerah penghargaan.
 
. (Antaranews Kalsel/Humpro kalsel)

Menurut dia, tanpa komitmen dari kepala daerah, kemajuan pembangunan di sektor ketenagakerjaan tidak akan pernah bisa bergerak lebih baik.

Menurut diam daerah yang mendapat penghargaan adalah hasil penilaian yang terselektif dan berdasarkan data- data lapangan secara objektif.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses kepada kepala daerah penerima penghargaan. Terus tingkatkan pembangunan ketenagakerjaan melalui pemantapan sinergitas antarinsan ketenagakerjaan," katanya.

Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan didampingi Karo Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel Kurnadiansyah usai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah, menobatkan Kalsel sebagai salah satu daerah penerima penghargaan nasional.

Menurut Rudy Resnawan, penghargaan tersebut adalah kerja sama semua pihak yang selama ini terus berupaya meningkatkan kualitas manajemen ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kalsel H Sugian Noorbah menambahkan, keberhasilan Kalsel meraih penghargaan nasional dilatari adanya kebijakan terukur tentang ketenagakerjaan terutama di bidang pelaksanaan kompetensi pelatihan sesuai keahlian tenaga kerja.

Paling utama lagi, kata dia, adalah perhatian dan komitmen tinggi dari pimpinan daerah terhadap upaya peningkatan kompetensi pelatihan tenaga kerja.

Bagi Pemprov Kalsel, perestasi nasional di bidang ketenagakerjaan ini merupakan penghargaan kedua di tahun 2018. Pada Agustus 2018, Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang dinobatkan sebagai salah satu kepala daerah terbaik sebagai pembina kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Humas Pemprov Kalsel.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018