Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Puncak Peringatan Hari Kesehatan ke-54 tahun 2018 Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan dimeriahkan kampanye gerakan hidup sehat (Germas), di Lapangan sepakbola 5 Desember Marabahan, Jumat (16/11).


Kegiatan dilaksanakan kerja sama Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala (Batola) tersebut  bertemakan Melalui Germas Mewujudkan Batola Setara.

Selain kegiatan senam, kampanye Germas juga membuka stand, cek kesehatan dan darah tinggi bagi pengunjung maupun para petinggi Pemkab Batola termasuk Bupati Noormiliyani dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor beserta isteri Hj Saraswati Dwi Putranti,.

HUT Kesehatan dan Kampanye Germas di Batola juga berisi pelepasan balon dan peragaan Si Cerdik Diangan Kami (Sehat, Cerdas, Cantik Diang Marabahan Kada Anamia) serta pemberian tablet tambah darah dari 10 remaja putri SMPN 1 Marabahan yang merupakan upaya mencegah stunting (anak kerdil) pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Bupati Noormiliyani saat memberikan edukasi kampanye Germas Hidup Sehat mengimbau, masyarakat dan para pelajar untuk benar-benar membiasakan prilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Caranya di antaranya, jelas mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu, dengan memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah, melaksanakan aktivitas fisik atau berolahraga, melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak mengonsumsi hal-hal yang menganggu kesehatan termasuk merokok dan narkoba, melakukan sanitasi yang benar serta mengelola stress.

Khusus untuk pelajar, bupati yang dikenal pecinta anak-anak, berpesan agar memperhatikan makan sebelum ke sekolah serta memperbanyak minum susu serta buah.

“Anak-anakku jangan lupa makan sebelum ke sekolah, itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menghindari sakit,” sarannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, H Muslim mengatakan, kegiatan Germas merupakan suatu jawaban dan upaya-upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Saat ini, sebut dia, penyakit-penyakit lebih mendominasi adalah penyakit-penyakit tidak menular karena faktor prilaku karena kurang bergerak dan kurang meminati makan sayur, buah,  merokok serta prilaku-prilaku lainnya yang tidak mendukung kepada upaya-upaya kesehatan melalui Germas.

Dikatakan Muslim, Germas kali ini diselenggarakan bersamaan dengan HUT ke-54 Hari Kesehatan dengan Tema Aku Cinta Sehat dengan Sub Tema Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita.

“Hari ini kita sudah buktikan dengan melakukan beberapa kegiatan prilaku-prilaku yang menunjukan indikasi-indikasi masyarakat hidup sehat di antaranya melakukan aktivitas fisik dengan senam bersama-sama secara massal yang waktunya bahkan lebih dari 30 menit,”katanya.

pagi, dipenuhi massa. Mereka yang berasal dari para ASN Pemkab Batola, ASN Kesehatan Provinsi Kalsel, instansi vertikal, BUMN, lembaga perbankan, masyarakat umum, para pelajar SD, SLTP dan SLTA/sederajat itu dalam rangka mengikuti senam massal.

Di sebelah utara lapangan berdiri sebuah panggung pertunjukan. Sedangkan diri kanannya berjejer tenda untuk tempat digelarnya aneka sayur, buah, tempat demo masak, bude jamu, tempat cek kesehatan(PTM) dan cek kebugaran.

Hadir di acara itu,  Sekda Batola H Supriyono, Dandim 1005 Marabahan Letkol ARH Erwin Hadi Santoso beserta isteri, Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya dan isteri, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel H Muslim beserta jajaran, pimpinan Bank Kalsel dan BRI Cabang Marabahan serta lainnya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018