Barabai, (Antaranews Kalsel) - Muncul nama-nama kuat yang akan mengisi calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) menggantikan H A Chairansyah yang secepatnya akan diproses untuk dilantik menjadi Bupati HST karena pengunduran diri H Abdul Latif telah diparipurnakan pihak DPRD HST, Jum'at (16/11/2018).

Nama yang pertama kali muncul dan menguat beberapa bulan yang lalu adalah politisi dari Partai Bulan Bintang (PBB) yaitu Muhammad Sampurna. Saat ini, Dia merupakan anggota DPRD Kabupaten HST yang sudah 2 periode menjabat.

Hal itu juga dipertegas oleh pimpinan partai pengusung yaitu PKS H Faqih Jarjani yang menyatakan dukungan kepada Muhammad Sampurna sesuai dengan amanah H Abdul Latif yang ditemuinya ketika persidangan di Jakarta.

"Kita tidak mempermasalahkan Sampurna bukan dari kader PKS, yang terpenting mempunyai visi-misi yang sama dalam memajukan HST," kata mantan Ketua DPRD HST tersebut usai mengikuti rapat paripurna pengunduran diri H Abdul Latif di gedung DPRD HST.

Namun sayangnya, sampai saat ini PBB sendiri belum menyatakan dukungannya kepada sekretaris DPC PBB HST itu.

"Secara kepartaian, memang kami belum menentukan sikap dan kita masih perlu berkoordinasi dengan para pimpinan partai pengusung lainnya," kata ketua DPC PBB HST Abu Permadi.

Beredar isu, PBB justru mengajukan nama Politisi dari PDI Perjuangan dan mantan Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Berry Nahdian Forqan.

"Memang kita dengar ada beberapa nama yang diajukan oleh DPP untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan, namun hasilnya secara resmi belum disampaikan," kata Abu.

Dilain pihak, juga ada nama Anak mantan Sekda HST H Noor Fauzie Iberahim yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Banjar dan Sekjend Partai Nasdem Kalsel yaitu H Akhmad Rozani Himawan atau H Jani.

Ia menyatakan telah di panggil oleh pengurus DPP PBB untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Namun belakangan beredar isu H Jani justru didukung oleh partai Gerindra.

"Saat ini secara partai memang Gerindra belum menentukan sikap siapa calon yang diusulkan, namun yang pasti ketua DPC Gerindra HST H Rahmadi Jingga saat ini fokus pada dirinya sebagai Caleg," kata anggota DPRD HST dari Fraksi Partai Gerindra Salpia Riduan.

Menurutnya, untuk proses rekomendasi nama calon Wakil Bupati HST yang diusulkan dari Gerindra menunggu keputusan dari DPD Provinsi.

Saat pecalonan kepala daerah dulu, pasangan Absyah (Abdul Latif-Chairansyah) secara resmi diusung oleh 3 partai yaitu Gerindra, PBB dan PKS. Jadi, yang berhak mengajukan calon Wakil Bupati menggantikan H A Chairansyah yang naik jabatan menjadi Bupati tersebut adalah harus mendapatkan rekomendasi partai pengusung.

Baca juga: Abdul Latif sudah ajukan surat pengunduran diri dari jabatan Bupati HST

Baca juga: BI monitoring program kerja sama budidaya ikan lokal di HST

Baca juga: TMMD di HST sukses dan masyarakat harus merawat hasil pembangunan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018