Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bantuan bencana alam dari Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk korban gempa Palu, Sigi dan Donggala dikirim ke penamapungan pengungsi gempa di Kota Samarinda, Kaltim.

Plt Bupati HST H A Chairansyah pada Senin (12/11) secara resmin melepas mobil pembawa bantuan tersebut usai pelaksanaan apel peringatan Hari Kesehatan yang bertempat di halaman kantor Bupati HST.

Menurut kepala BPBD Ali Fahmi, jumlah total bantuan yang diberikan oleh Pemkab HST melalui BPBD sebesar sepuluh juta rupiah, berupa barang makanan dan minuman serta keperluan bayi dan lainnya.

Kemudian bantuan itu diangkut menggunakan Satu unit mobil truck dan melewati jalur darat karena diperuntukkan bagi pengungsi korban gempa Palu, Sigi dan Donggala yang berada di penampungan kota Samarinda.

Menurutnya jumlah pengungsi korban bencana alam disana juga mencapai ribuan orang.

"Perjalanan ini diperkirakan memakan waktu satu hari satu malam dan bantuan ini akan diterima langsung oleh BPBD Provinsi Kalimantan Timur," katanya.

Nantinya bantuan itu juga diverifikasi kemudian dimasukkan dalam gudang penampungan untuk secepatnya disalurkan agar tepat sasaran.

Sementara Plt Bupati H A Chairansyah mengharapkan agar bantuan tersebut dapat diterima dengan baik dan dapat dimanfaatkan sesuai kegunaannya bagi para pengungsi.

"Hal ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian Pemkab HST terhadap warga yang terkena bencana walaupun mungkin kalau dilihat dari nominalnya belum seberapa," katanya.

Namun,  pihaknya yakin karena bantuan berupa barang sangat dibutuhkan, sehingga nilai kemanfaatannya akan dirasakan langsung oleh para pengungsi.

Baca juga: TMMD di HST sukses dan masyarakat harus merawat hasil pembangunan
Baca juga: Pelaku hipnotis emas ditangkap di Pasar Garuda Barabai
Baca juga: Hanya enam Puskesmas di HST yang lolos akreditasi

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018