Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komunitas media sosial terbesar di Negara, Bubuhan Nagara Daha Hulu Sungai Selatan (BND-HSS) menggalang dana untuk para keluarga korban yang terkena musibah kebakaran di Desa Baru, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten HSS.

Admin BND-HSS Iwan Kusuma, di Negara, Rabu (7/11) mengatakan, belajar dari pengalaman musibah kebakaran tersebut, dan sulitnya akses jalan masuk menuju tempat kejadian tersebut, dia mengusulkan diperlukannya kapal armada pemadam kebakaran di wilayah Daha.

"Kapal armada pemadam kebakaran ini sangat penting untuk wilayah Negara, untuk menjangkau dan segera memadamkan api, disamping mayoritas di wilayah Negara adalah aliran sungai, maka rumah warga banyak berada di tepi sungai," katanya.

Baca juga: BNDHSS galang dana korban kebakaran Tumbukan Banyu

Dijelaskan dia, untuk usulan pengadaan kapal armada pemadam kebakaran pun sudah pernah disampaikan Bupati HSS beberapa tahun lalu, dan berharap dapat terealisasi untuk menangani musibah kebakaran yang sulit terjangkau di jalur darat.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, menyambut baik usulan tersebut, agar semua desa membeli alat pemadam yang sederhana, bisa dibawa baik di darat maupun di sungai untuk penanggulangan pertama.

"Penanggulangan pertama ini diperlukan apabila terjadi kebakaran sebelum datang bantuan pemadam lain, dan usulan dari BND-HSS tersebut akan dikoordinasikan untuk adanya segera pengadaan.alat dimaksud, termasuk dengan dengan dana desa," katanya.

Top Admin BND-HSS Rendra Aji Rahim, mengatakan untuk kegiatan penggalangan dana untuk korban hasil penggalangan dana pada hari Rabu (7/11) dari masyarakat Daha Nagara yang lewat telah menyumbangkan dana sebesar Rp1.588.500,-.

Baca juga: Kebakaran Gang Pantai Harapan Kandangan hanguskan empat buah rumah

"Insya Allah besok Kamis (8/11) kegiatan penggalangan dana akan dilanjutkan kembali, mudahan jadi amal dan berkah buat kita semua dan bisa sedikit melapangkan yang terkena musibah," katanya.

Admin Agus Age mengatakan, dalam penggalangan dana ini selain BND-HSS turun langsung dengan penggalangan dana di beberapa titik, pihak dia juga menerima bantuan dari para dermawan melalui rekening yakni, Bank BRI 32030 102 777 3532 atas nama Anang Fadri dan Bank KALSEL 01503 0112 4447 atas nama Anang Fadri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018