Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melaunching program Si Pandu Wisata yang digagas Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS, bertempat di Graha Wisata Amandit, Kecamatan Loksado.

Kepala Disporapar HSS M. Arliyan Syahrial, di Loksado, Kamis (1/11), mengatakan program ini bertujuan untuk meningatkan pelayanan di bidang pariwisata di Kabupaten HSS, dengan sistem pelayanan terpadu pariwisata berbasis Android.

"Program sistem terpadu ini didasari karena melihat selama ini jasa pengelolaan usaha jasa pariwisata di Kecamatan Loksado masih dilakukan secara perseorangan, belum terorganisir dalam suatu wadah perhimpunan berupa badan usaha," katanya.

Dijelaskan dia, program Si Pandu Wisata ini akan mampu mengubah sitem pelayanan pariwisata menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih terorganisir dan hal ini nanti akan berdampak pada pengelolaan pariwisata yang profesional.
 

Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dukung aplikasi Si Pandu Wisata KSPN Loksado bentuk Pawadahan

Mulai sekarang jasa pariwisata di Loksado, mulai dari penginapan, angkutan dan fasilitas seperti lanting bambu dan jokinya, dapat dipesan dengan mudah melalui online.

Dari telepon genggam para wisatawan akan mudah untuk melakukan pemesanan dengan cepat, dan dapat mengetahui langsung tempat menginap, lanting yang digunakan beserta nama joki yang akan membawanya saat bamboo rafting.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan sangat mengapresiasi peluncuran program ini, dan semakin ke depan mengharapkan sektor pariwisata akan terus meningkat di HSS, dan akan menjadi sektor yang mampu menyumbang dalam pertumbuhan ekonomi HSS dan Kalimantan Selatan(Kalsel).

"Saya hanya berpesan kepada para pengelola Jasa Wiasata di Loksado, yang namanya usaha pariwisata yang paling diutamakan adalah pelayanan sehingga sebagai orang yang melayani, tujuan kita adalah bagaimana tamu atau wisatawan yang datang bisa betah di Loksado," katanya.

Launching program Si Pandu Wisata Disporapar HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Kunjungan wisatawan nusantara dan luar negeri di HSS meningkat

Kesan nyaman dan betah tersebut nantinya akan membuat suatu saat wisatawan bisa kembali lagi, bahkan membawa kembali banyak orang untuk berkunjung.

Diharapkaj dia, Jangan sampai pelayanan mengecewakan dan membuat orang jera datang ke Loksado, dan untuk ini tentunya harus dimulai dengan mengubah pola pikir yang selama ini hanya bertujuan untuk keuntungan sesaat agar dirubah segera.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018