Banjarbaru (Antaranews, Kalsel) - Ratusan siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas antusias mengikuti lomba apresiasi dan lomba menulis cerita pendek yang diselenggarakan Balai Bahasa Kalimantan Selatan. 

Ketua panitia lomba Musdalipah di Banjarbaru, Rabu mengatakan, lomba merupakan rangkaian Gebyar Literasi tahun 2018 yang digelar Balai Bahasa sejak 29 Oktober--2 November 2018.

"Lomba mengapresiasi dan lomba menulis cerita pendek tak sekadar mengenalkan sastra kepada siswa, tetapi mengajak mereka belajar menganalisis dan mengkaji karya sastra," ujarnya. 

Ia mengatakan, pihaknya cukup rutin menyelenggarakan sayembara penulisan cerpen dan ingin mencoba lomba yang berbeda sehingga dipilih lomba mengapresiasi cerita pendek bagi siswa SMA. 

Sedangkan siswa SMP se-Kalsel disiapkan lomba menulis sinopsis cerita pendek dan kedua jenis lomba itu mendapat antusias yang tinggi dari ratusan siswa peserta Gebyar Literasi 2018 itu. 

"Alasan pemilihan lomba yang berbeda dari biasanya adalah ingin mengajak siswa dan siswi belajar menganalisis dan mengkaji karya sastra, khususnya cerpen," ungkap mantan wartawati itu. 

Disebutkan, peserta lomba apresiasi dari berbagai kota dan kabupaten di Kalsel membaca dan menganalisa cerpen yang disediakan kemudian menentukan berbagai unsur intrinsik dan ekstrinsiknya. 

Sementara, lomba menulis sinopsis, setiap peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Kalsel itu membaca cerpen yang disediakan oleh panitia kemudian membuat sinopsisnya. 

Salah seorang sastrawan Kalsel Randu Alamsyah, menyambut baik kegiatan karena mengasah ketelitian dan kemampuan para siswa untuk mengkritisi dan menulis sinopsis sebuah karya sastra.

Sementara itu, juara 1 dan 2 lomba mengapresiasi cerpen yakni Ade Tiara Rosalinda dan Mima Artha Mevia keduanya dari SMK Telkom Banjarbaru dan juara 3 Sephia Putri Septian (SMAN 1 Banjarmasin).

Juara harapan 1 Hartadi Prayuda (MA Wali Songo), juara harapan 2 Puteri Salsabila Irhasni (MAN 4 Banjar) dan juara harapan 3 diraih Nor Najwa (SMAIT Qardhan Hasana Banjarbaru).

Lomba menulis sinopsis, juara 1 Nurhidayah (MTsN 9 Banjarmasin), juara 2 diraih Gressia Deasy Ariyani Hawini (SMP Sanjaya Banjarbaru) dan juara 3 adalah Aisyaturridho (SMPN 2 Banjarbaru).

Juara harapan 1 Hellena Nathalia (SMP Sanjaya Banjarbaru), harapan 2 Shada Nadhira Pohan (SMP Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru) dan harapan 3 adalah Shafa Khairunnisa (SMPIT Robbani Banjarbaru). Yose Rizal
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018