Puluhan mahasiswi Akademi Kebidanan Martapura, Kalimantan Selatan memberikan pelayanan kesehatan dalam rangka bakti sosial di Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan.


"Bakti sosial berlangsung sejak tanggal 6-11 Juli 2012 di Kecamatan Loksado HSS yang berjarak sekitar 200 kilometer dari Kota Martapura," ujar Direktur Akbid Martapura Nor Wahidah, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan diikuti mahasiswi yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) periode 2012-2013 dengan tujuan mendekatkan calon bidan ke masyarakat sekaligus memupuk jiwa sosial mahasiswi.

Disebutkan, desa yang menjadi pusat kegiatan bakti sosial adalah Desa Loklahung meliputi Balai (dusun) Malaris, Manutui, Manakili dan Luapanggang yang terletak jauh dari pusat kabupaten.

"Kami naik lanting (susunan bambu yang diikat menjadi rakit) mendatangi rumah-rumah warga yang dibangun di sepanjang sungai dan kedatangan kami disambut antusias warga," ungkapnya didampingi Ketua IKM Laila Fitriah.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan yang dilakukan mahasiswi meliputi penyuluhan kesehatan seperti imunisasi, pendewasaan usia kawin (PUK), perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan kelas ibu hamil.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi warga yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Amandit yang dikenal sebagai lokasi wisata arung jeram di kabupaten tersebut.

  "Kami dan seluruh mahasiswi sangat senang bisa membantu warga setempat apalagi selama ini mereka jarang dan cukup sulit mengakses pelayanan kesehatan karena letaknya yang cukup terpencil," ujarnya.

Pada kelas ibu hamil (bumil) dan pendewasaan usia kawin, mahasiswi mengajak ibu-ibu lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi sehingga kesehatan organ vital itu selalu terjaga.

"Jika menikah, baik laki-laki maupun perempuan harus sama-sama siap sehingga matang secara reproduksi saat memasuki masa rumah tangga sehingga bisa melahirkan anak-anak yang sehat," pesannya.

Salah seorang warga, Ny Amur mengatakan sangat senang menerima mahasiswa yang melakukan penyuluhan dan sosialisasi bidang kesehatan disamping pelayanan kesehatan bagi anak-anak dan ibu hamil.

  "Kami senang sekali mendapatkan penyuluhan dan sosialisasi sehingga bisa melihat langsung contoh perilaku hidup bersih disamping anak-anak yang diajari mencuci tangan dan gosok gigi yang benar," katanya./Zal/D

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012