Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) – BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah IX Bank Mandiri guna memastikan penerapan autodebit bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah berjalan optimal, Jumat.

Seperti diketahui sebelumnya, guna meningkat kan kualitas layanan kepada peserta JKN-KIS sekaligus menjaga keberlangsungan program mulia milik negaraini, BPJS Kesehatan menggandeng beberapa Bank di Indonesia untuk menerapkan pembayaran autodebit kepada peserta JKN-KIS.

Penerapan ini dilakukan guna mempermudah setiap peserta JKN-KIS untuk dapat tertib membayar iuran serta tidak perlu repot-repot setiap bulan bolak balikke channel pembayaran iuran untuk menyelesaikan kewajibannya membayarkan iuran.

"Dengan penerapan autodebit ini tentunya akan sangat membantu peserta JKN-KIS, di tengah kesibukan yang padat pastinya ada peluang bagi setiap peserta terlewat untuk membayarkan iuran kepesertaan JKN-KIS.

Hal ini pun akan merugikan peserta itu sendiri karen abisa jadi kepesertaan JKN-KIS peserta tersebut menjadi non aktifsementara karena adanya tunggakan iuran dan tidak bisa digunakan sewaktu-waktu bila diperlukan.

Dengan bantuan sistem autodebit ini hal tersebut bukan lagi menjadik ekhawatiran, selain itu kolektabilitas iuran jadi semakin optimal yang berdampak pada keberlangsungan program JKN-KIS ini," jelas Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara, Benjamin Saut PS pada kunjungan tersebut.

Sampai dengan saat ini sistem pembayaran autodebit bagi peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) telah menjadi persyaratan wajib bagi setiap calon peserta yang memilih kelas 1 dankelas 2. Untuk kelas 3 masih berupa himbauan dan tidak menutup kemungkinan kedepannya persyaratan tersebut juga diwajibkan bagi pesertakelas 3.

Benjamin juga menjelaskan, untuk peserta existing yang masih belum menggunakan sistem autodebitini, akan dilakukan treatment khusus salah satunya yakni sosialisasi secara massive mengenai manfaat sistem pembayarana utodebit ini. Tentunya haltersebut akanlebih optimal apabila mendapat dukungan dari setiap bank mitra BPJS Kesehatan.

"Kami siap danberkomitmen untuk mendukung program JKN-KIS melalui apa yang kami miliki, sebagai salah satu bentuk upaya kami adalah dengan mengirimkankan sms blast kepada peserta JKN-KIS segmen PBPU kelas 1 dan kelas 2 yang masih belum menggunakan autodebit.

Sosialisasi langsung kepadana sabah pun kami lakukan guna mendukung suksesnya program JKN-KIS ini.” terang Wealth Business Head Kantor Wilayah IX BanK Mandiri Andi Sumbayak./f

 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018