Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 15 provinsi dinyatakan mengikuti technical meeting pertama untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drum Band 2018 yang akan digelar di Provinsi Kalimantan Selatan pada 3-9 Desember 2018.
       
Gelar technical meeting pertama Kejurnas Drum Band 2018 di gelar di Hotel Amaris Banjarmasin pada Selasa, dan dibuka langsung Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kombes Pol Joko Sarwoko.
       
Menurut Joko Sarwoko, seluruh pengurus PDBI provinsi di Indonesia diundang ke TM Kejurnas ini, namun yang memastikan hadir baru 15 provinsi.
       
"Memang yang lain mengimpormasikan tidak bisa hadir karena ada kejuaraan bersamaan di daerah," ujarnya.
       
Namun demikian, katanya, tidak mengurangi kegiatan TM saat ini dengan ketidak hadiran perwakilan sejumlah provinsi tersebut, karena nantinya akan digelar kembali TM yang kedua.
       
Diungkapkan Joko Sarwoko, kegiatan saat ini membahas akan peraturan lomba nantinya itu, sehingga semuanya mengetahui alur lomba sesuai ketentuan.
     
 Rencananya, kata dia, ada delapan nomor lomba yang dipertandingkan pada Kejurnas 2018 di Provinsi Kalsel ini, di mana ini sesuai ketentuan yang sudah ada.
       
"Kalau usia peserta karena ini senior, minimal 17 tahun," ucapnya.
       
Dia menyatakan, untuk Kalsel sebagai tuan rumah Kejurnas ini, dipastikan sudah memenuhi standar, termasuk venuenya.
     
 "Kita sudah lakukan pemantauan ketempat-tempat rencana pertandingan, sudah cukup baik, dan memenuhi standar," ucapnya.
       
Sementara itu, panitia pelaksana dari PDBI Provinsi Kalsel Ari Bimo menyatakan, persiapan Kalsel untuk jadi tuan rumah Kejurnas Drum Band 2018 ini sudah mencapai 90 persen.
       
"Hingga TM pertama ini sudah kita pastikan 90 persen kesiapan Kalsel sebagai tuan rumah, untuk TM kedua nantinya tinggal pencabutan nomor pertandingan, setelah itu pelaksanaan," ujarnya.
       
Sebagaimana informasi yang sudah masuk kepanitiaan daerah, tutur Ari, sudah ada sekitar 17 provinsi yang memastikan mengikuti Kejurnas di Kalsel ini.
       
"Moga nantinya semua provinsi mengikuti," tuturnya.
       
Dia mengatakan, untuk vinue pertandingan di rencanakan ada dua titik, satu di GOR Hasanuddin Banjarmasin dan di wilayah perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.
       
"Rencananya venue lomba ketahanan, ketepatan baris berbaris kelas 6-8 kilometer itu ada dua alternatif, satu di wilayah perkantoran Pemprov Kalsel atau di Jalan A Yani KM 17 kearah dalam Kota Banjarmasin," ungkapnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018