Rantau, (Antaranews Kalsel) - sebanyak seratus Ibu Hamil asal Kabupaten Tapin turut meramaikan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) yang digelar oleh TP PKK Provinsi kalsel bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten/kota, yang dilaksanakan di Banjarbaru.

Pemecahan Rekor Muri  Edukasi Sajian "Isi Piringku" bagi Ibu Hamil dan juga dalam rangka mendukung gerakan Makan Ikan (GEMARIKAN), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dan Hari Pangan Sedunia dan dibuka secara langsung oleh menteri kesehatan RI Nila Juwita F Moeloek.

Diungkapkan oleh ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani bahwa untuk pemecahan Rekor muri Ibu Hamil yang dilakukan oleh TP PKK Provinsi, kita Kabupaten Tapin juga turut berpartisipasi dengan mengikutkan 100 Ibu Hamil yang ada di Kabupaten Tapin.

"Ibu hamil yang kita ikutkan sendiri usia kehamilan dari semester dua dan tiga fase kehamilan"ucap Ibu Ratna.

Hj Ratna Ellyani juga sangat mengapreasi dengan adanya pemecehan rekor muri yang digelar dalam rangka pencegahan stunting (kerdil) pada anak, sehingga peran ibu hamil dalam menjaga kandungannya sangat berperan penting.

Ada beberapa Cara juga dalam mencegah stunting seperti pemberian makanan yang bergizi dan seimbang kepada anak, pemberian asi, pola asuh untuk anak dan menjaga kebersihan.

"Peran keluarga sangatlah penting untuk bersama - sama menjaga anak agar terhindar dari stunting," ujarnya.

Dikatakan Ratna, dari data dinas kesehatan, Kabupaten Tapin saat ini tidak terdapat kasus stunting pada anak, maka dengan itu tentunya kita harus bisa menjaga bersama-sama agar kasus stunting tidak terjadi di Tapin.

"Alhamdulilah saat ini di Kabupaten Tapin tidak ada kasus stunting terjadi pada anak"ucap Hj Ratna

Turut berhadir Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani, Wakil Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Mustaidah, Kepala Dinas kesehatan Kab Tapin H Errani Martin dan ratusan ibu hamil dari Kab Tapin.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018