Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani terjun langsung menanam bibit padi di lahan persawahan Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala yang menjadi tuan rumah Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018.

"Kita kerahkan hampir 1.000 personel untuk melakukan penanaman di lahan seluas 4 hektar," kata Kapolda, Selasa (16/10).

Orang nomor satu di Polda Kalsel itupun nampak penuh semangat melakukan penanaman bibit padi. Secara cekatan, satu persatu benih yang tersedia ditanam hingga habis.
Bahkan Yazid mengenakan pakaian dinas Polri lengkap tanpa alas kaki, tak sungkan menginjak sawah yang kotor dan berlumpur akibat diguyur hujan pada malam hari sebelum kegiatan.

"Alhamdulilah Polda Kalsel ikut berpartisipasi tak hanya urusan pengamanan tapi juga penanaman," tutur jenderal polisi bintang dua itu.

Kapolda berharap bibit padi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan subur hingga menghasilkan padi yang banyak untuk dipanen nantinya. 
Aksi para anggota Polri turun ke sawah itu dimaksudkan Yazid sebagai partisipasi menyemarakkan Hari Pangan Sedunia sekaligus menunjukkan Polda Kalsel sepenuhnya mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan melalui pembukaan lahan-lahan baru.

Terkait pengamanan saat pelaksanaan puncak peringatan HPS pada tanggal 18 Oktober 2018 nanti, Kapolda memastikan jajarannya siap mengerahkan kekuatan maksimal.

Apalagi Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan hadir bersama para menteri terkait serta duta besar negara sahabat dan delegasi dari di berbagai penjuru dunia.

"Untuk pengamanan RI-1, tentunya kita membackup di ring 3 dan mengamankan jalur yang dilintasi kepala negara dan rombongan," jelasnya.
Sementara Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengapresiasi aksi Kapolda dan jajarannya yang telah terjun ke sawah secara langsung melakukan penanaman bibit padi.

"Kapolda luar biasa mendukung penuh HPS dan siap memberikan pengamanan maksimal. Semoga sinergi ini terus terjalin untuk Kalsel yang terjaga kondusif," tutur gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu.
Adapun sejumlah pejabat utama Polda Kalsel turut hadir bersama Kapolda, diantaranya Karo Ops Kombes Pol Budi Sapto Irwanto, Dir Reskrimum Kombes Pol Sofyan Hidayat, Dir Sabhara Kombes Pol M Khosim, Dir Pamobvit  Kombes Pol Agus Mustofa, Dir Polairud Kombes Pol Gatot Wahyudi, Dansat Brimob Kombes Pol Ardiansyah Daulay, Kabid TI  AKBP Widiatmoko, Kabid Humas AKBP Mochamad Rifa’i.

Kemudian ada juga Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya dan Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete yang membawa personelnya masing-masing untuk ikut menanam.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018