Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Kolonel Arm Syaiful Rahman mengatakan, gerakan Pramuka harus terus eksis karena sebagai organisasi pendidikan nonformal pencetak calon pemimpin bangsa yang andal di masa depan.

"Pramuka di Kalsel khususnya harus terus didorong maju dan digelorakan sebagai wadah generasi muda Banua menempa diri menjadi orang hebat dan berkarakter," ucapnya.
Apalagi menginjak usia 57 tahun, kata Danrem, gerakan Pramuka di Indonesia terbukti mampu membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya serta membentuk kepribadian dan akhlak mulia, menanaman semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara.

"Pramuka meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang andal pada masa depan," sebutnya.

Sesuai dengan namanya yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana (Pramuka), yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya, maka Danrem berharap Pramuka bisa berkontribusi besar bagi bangsa dan negara melalui karya dan pengabdian terbaiknya.
Danrem sendiri berkesempatan turut menghadiri upacara memperingati Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 di lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Kegiatan upacara yang dipimpin oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor itu juga dirangkai penanaman pohon yang bertujuan sebagai bentuk penghijauan dan pelestarian lingkungan sekaligus ketahanan pangan nasional mengingat di Kalsel sebagai tempat diselenggarakannya Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2018, tepatnya di Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala pada 18 Oktober 2018 mendatang.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018