Martapura (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Khalilurrahman meminta pejabat agar bersikap responsif terhadap kritik yang disampaikan masyarakat terutama terkait pelayanan publik yang menjadi bidang tugasnya. 
 
"Pesan saya kepada pejabat jika dihadapkan berbagai kritik dari pihak mana pun, sikapi secara responsif dengan melakukan inovasi sehingga masyarakat merasakan dampaknya," ujar bupati di Martapura, Rabu. 

Pernyataan itu disampaikan bupati saat melantik tiga pejabat struktural jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan pengawas dan jabatan administrator di lingkungan pemerintah kabupaten itu. 

Pejabat yang dilantik bupati yakni Irwan Kumar sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dr Eko Subianto Sekretaris Dinas Kesehatan dan Tofik Noor Hidayat Direktur RSUD Ratu Zalecha.

Menurut bupati, pejabat harus memiliki inovasi terutama di bidang pelayanan publik sehingga mampu membawa dampak yang positif bagi seluruh masyarakat apabila mereka berurusan untuk keperluannya.

"Kritik masyarakat harus dijawab dengan inovasi pelayanan publik sehingga masyarakat mendapatkan haknya di bidang pelayanan dan merasa puas atas layanan aparatur pemerintah," ungkapnya.

Ditekankan, pejabat sebagai aparatur sipil negara juga dituntut memanfaatkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan bekerja kreatif dan inovatif sehingga bisa terwujud tata kelola pemerintahan yang baik. 

"Setiap aparatur terutama pejabat memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi sehingga mereka harus bisa memanfaatkan ilmunya bagi seluruh masyarakat sesuai bidang tugasnya dalam organisasi," ucapnya.

Pesan lain yang disampaikan bupati kepada pejabat baru adalah menjalin komunikasi, koordinasi dan konsolidasi ke dalam organisasi sehingga visi dan misi berjalan sesuai RPJM kepala daerah. 

"Komunikasi dan koordinasi merupakan kunci dalam membangun kerja sama sehingga kinerja sebuah kerja organisasi agar tujuan dan sasaran lebih terarah," pesan bupati yang juga ulama itu.

Dikatakan, pejabat yang dilantik diminta langsung bekerja sesuai tugas dan amanah dipercayakan sehingga pimpinan dan masyarakat bisa menilai kinerjanya dalam memimpin organisasi. 

"Tunjukan saudara mampu dalam menjalankan tugas dan kepercayaan yang diberikan sehingga tercapai visi dan misi mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah," katanya.



 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018