Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota Polres Hulu Sungai Utara (HSU) bersih dari penyalahgunaan narkoba setelah hasil tes urine menunjukkan semuanya negatif.

"Ada 40 personel yang menjalani tes dan hasilnya adalah semua sampel urine tersebut negatif," terang Kapolres HSU AKBP Agus Sudaryatno melalui Kasubbag Humas Iptu Alam Sakti S di Amuntai, Senin.

Dikatakannya, tes urine dilakukan untuk memastikan bahwa anggota bukan pemakai barang haram itu. 

"Tes digelar secara dadakan dan berkala  secara bergantian di setiap satuan fungsi agar bisa mendeteksi dini jika ada yang mengonsumsi narkoba," jelas Alam.
Dia menegaskan, pengawasan melalui tes urine juga sangat efektif karena bisa menunjukkan mana anggota yang terjerat narkoba atau bersih dari penyalahgunaannya.

"Jadi tes ini bukan untuk menjebak atau mempermalukan anggota, tapi untuk menunjukan bahwa anggota Polres HSU punya integritas yang tinggi, hingga tidak ikut terjebak dalam lingkaran setan narkoba," tandas Alam lagi.

Saat tes urine dilakukan, secara bergiliran seluruh personel Satuan Reskrim Polres HSU, termasuk Kasat dan KBO diambil sampel urinenya, dengan pengawasan yang ketat oleh Propam dan Ur Kes Bag Sumda hingga sampel tersebut kemudian diuji oleh Baur Kes.

"Bapak Kapolres selalu mengingatkan anggota agar tidak sekali pun menyentuh yang namanya narkoba. Karena sanksi berat siap dijatuhkan pimpinan selain harus menghadapi pidana di peradilan umum," pungkas Alam.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018