Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi (IT) guna membangun Sistem e-government.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana di Amuntai, Jum'at mengatakan, Pemkab HSU tengah membangun Sistem e-Government (e-gov) agar lebih mudah melaksanakan kepemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
 
"Tentunya untuk membangun e-government dibutuhkan banyak tenaga IT untuk dilakukan rekrutment," ujar Adi.

Adi mengatakan, rekrutmen tenaga IT tentu dilakukan dengan lebih dulu memaksimalkan tenaga IT dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kerja kontrak atau honorer, sebab untuk rekrutmen melalui proses Seleksi CPNS biasanya terkendala terbatasnya formasi yang tersedia. 

"Diskominfo akan menginventarisir keberadaan tenaga IT di semua SKPD untuk dilakukan pembinaan selanjutnya," katanya.
 
Ia mengatakan, salah satu yang menjadi penekanan selain pembangunan infrastruktur e-gov juga didahului dengan kerjasama Perancangan Masterplan e-gov.

Sebagai upaya perbandingan dengan daerah lain, katanya, Jajaran Diskominfo belum lama ini melaksanakan Studi Pembelajaran ke Dinas Komunikasi Informatika Statisitk dan Persandian (DKISP) Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah yang memiliki kesamaan performance dengan HSU sehingga diharapkan terjalin kerja sama.
 
Dikatakan, DKISP Kota Palang Raya saat ini juga belum mengntegrasikan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi secara penuh kedalam Sistem Organisasi Perangkat Daerah.
 
"Pemkot Palangka Raya saat ini juga tengah menyusun Masterplan Teknologi Informasi dan Komunikasi, jadi kondisinya memang memiliki kesamaan dengan Kabupaten HSU," tandas Adi.

Adi menegaskan e-gov mutlak diperlukan oleh pemerintah di era kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi agar lebih mudah dalam melaksanakan kepemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
 
Lebih lanjut Adi menjelaskan, pembangunan Sistem e-gov yang sudah dilakukan Pemkab HSU diantaranya pembuatan Website Pemda, pemasangan kamera CCTV dibeberapa titik lokasi di Kota Amuntai, absensi elektronik bagi ASN, Pembuatan Kartu Pegawai Negeri Elektronik, penerapan Aplikasi SIMDA dan sebagainya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018