Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Permainan "ular Tangga" jadi metode anggota Subdit Dikyasa Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalsel dalam mengampanyekan gerakan Sadar Lalu Lintas Usia Dini (Salud) kepada anak.

"Pembelajaran keselamatan lalu lintas kepada anak-anak dapat dilakukan dengan banyak cara. Bahkan bisa melalui permainan ular tangga," kata Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi di Banjarmasin.

Menurut Nina, pada permainan ular tangga anak-anak bisa belajar tentang rambu-rambu lalu lintas. Selain itu juga belajar berhitung, belajar warna, melatih kejujuran hingga sportifitas.

"Kami tentu ingin gerakan Salud terus digaungkan, karena betapa pentingnya menanamkan sejak dini tentang kesadaran tertib berlalu lintas hingga kelak mereka dewasa menjadi pelopor keselamatan di jalan raya," papar Nina.
Adapun materi yang kerap disampaikan Nina saat pengenalan keselamatan berlalu lintas kepada anak usia dini tersebut diantaranya pengenalan bagian jalan dan kendaraan, sosialisasi penggunaan helm, pengenalan rambu lalu lintas, marka jalan, pengenalan tata cara berjalan kaki yang selamat, pengenalan lampu lalu lintas, dan pengenalan tata cara menyeberang jalan.

Kegiatan Salud sendiri digelar dalam rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2018 di Taman Edukasi Lalu Lintas Jalan AS Musaffa Banjarmasin yang menghadirkan 250 anak dari berbagai sekolah dan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Seluruh stakeholder terkait ingin menyosialisasikan kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat pengguna atau pemakai jalan, sehingga diharapkan mendapat informasi yang cukup tentang keselamatan berlalu lintas di Kalsel.

Selain diisi senam Salud oleh Aiptu Maulida dan Karin staf Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel serta permainan ular tangga dan games lainnya dengan instruktur AKP Eny dan Iptu Laila, kegiatan juga dihadiri Kasubdit Promosi dan Kemitraan Dit Pembinaan Keselamatan Hubdar Kemenhub RI Rini Widianingsih, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah 15 Provinsi Kalsel Ardono serta Kadishub Provinsi Kalsel Rusdiansyah.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018