Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) menginginkan ke depan pelayanan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, milik pemerintah provinsi setempat itu lebih mantap lagi.

"Guna lebih memantapkan pelayanan RSJ Sambang Lihum tersebut, kami mau berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia," ujar anggota Komisi IV DPRD Kalsel Drs Misri Syarkawie di Banjarmasin sebelum bertolak ke Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, dalam kunjungan kerja Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel ke luar daerah, 3 hingga 5 September 2018 akan menemui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan (Ditjen Yankes) Kemenkes, tambahnya.

"Dalam pertemuan dengan Ditjen Yankes tersebut sudah barang tentu kita meminta petunjuk serta bantuan guna peningkatan atau lebih memantapkan pelayanan RSJ Sambang Lihum," lanjut politikus senior Partai Golkar itu.

Menurut dia, cukup beralasan kalau Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel yang juga membidangi kesehatan menginginkan agar ke depan pelayanan RSJ Sambang Lihum semakin meningkat serta lebih mantap lagi.

Pasalnya, selain sebagai rujukan kabupaten/kota se-Kalsel untuk penanganan gangguan kejiwaan, juga buat sementara memberikan pelayanan kesehatan jiwa warga masyarakat asal daerah tetangga, seperti dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), lanjut mantan redaktur senior Kaliman Post tersebut.

"Apalagi RSJ Sambang Lihum sementara ini juga sebagai tempat rehabilitasi bagi merekan yang kecanduan narkoba," demikian Misri Syarkawie.

Konsultasi ke Ditjen Yankes tersebut yang dijadwalkan, 4 September 2018 dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Yazidie Fauzi SKom dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan disertai pejabat dari RSJ Sambang Lihum.

Selain RSJ Sambang Lihum di Jalan Syarkawi (mantan Gubernur Kalsel)/Jalan A Yanj km17 Kecamatan Gambut Banjar tersebut, pemerintah provinsi (Pemprov) setempat juga memiliki tiga rumah sakit lain.

Ketiga rumah sakit lain milik Pemprov Kalsel tersebut, yaitu RSUD Ulin Banjarmasin yang juga menjadi rujukan RSUD dari 13 kabupaten/kita seprovinsi itu.?

Kemudian RSU dr H Mochammad Ansari Saleh (mantan Kepala Inspektorat Kesehatan/Kepala Kanwil Depkes Kalsel), serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Drs H Gusti Hasan Aman (mantan Gubernur Kalsel). (KR-SKR).
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018