Barabai, (Antaranews Kalsel) - Jamaah haji asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang sebelumnya tergabung dalam kloter tiga debarkasi BDJ Banjarmasin  akhirnya tiba di tanah air pada Senin (3/9) tepat pukul 02.31 wita mendarat di Bandara Syamsudinoor Banjarbaru.

Kepala Kantor Kementerian Agama HST H Saipudin saat menyambut kedatangan jamaah mengungkapkan, kepulangan dilakukan mulai dari asrama haji sekitar pukul 07.00 wita dan telah tiba di Kota Barabai sekitar pukul 10.00 wita.

"Sebanyak 72 orang jamaah haji HST diberangkatkan menggunakan transportasi Bus yang disediakan oleh Pemerintah Daerah HST sebanyak 3 buah, sementara itu sisanya dijemput langsung oleh pihak keluarga di Asrama Haji dengan transportasi masing-masing," katanya.

Dia mengatakan dari 302 jamaah yang berangkat dulu, ada satu jamaah yang meninggal atas nama Aminuddin Muksarun Hamimuddin (65).

Almarhum meninggal pada tanggal 25 Agustus 2018 karena penyakit Asma dan telah di pemakaman di Share’e Mekkah dan jamaah yang lainnya dalam kondisi sehat.

"Kami juga memantau langsung pemuatan barang jemaah haji HST di depan Aula Makkah Asrama Haji Banjarbaru agar tetap aman dan sampai ke tujuan," katanya.

H Saipudin yang juga sebagai kepala staf penyelenggara ibadah haji HST menambahkan sudah menjadi kewajiban untuk mengkoordinir dan memantau semua keadaan yang berhubungan dengan jemaah haji, tidak terlepas berkenaan dengan kelengkapan barang jemaah seperti tas yang sedang dikemas saat ini.

"Kita berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik untuk jamaah haji dengan memastikan barang lengkap semuanya," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) H Abdul Hadi mengungkapkan bahwa barang jamah berupa tas sudah lengkap semuanya sesuai jumlah jamaah yang akan diberangkatkan dengan menggunakan dua buah truk dan sampai lebih dahulu dari jamaahnya.

"Sedangkan untuk Air zam-zam sebelumnya sudah kita ambil dari Asrama Haji dan kita taruh di Aula Makhraja Kankemenag HST, nanti secepatnya Air Zam-zam akan didistribusikan kepada jamaah bersamaan dengan tas yang baru datang," ungkap H Hadi.
Jamaah haji asal HST saat tiba di bandara Syasudinoor Banjarbaru (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018