Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - KRI dr. Soeharso-990 menggelar open ship selama sandar di Dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, sembari  membawa para Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang bakal promosi ke sekolah.

"Para Taruna akan banyak melakukan kegiatan selama di Kalsel, termasuk mengunjungi sekolah-sekolah untuk berpromosi meningkatkan minat para pemuda Banua agar masuk Angkatan Laut," terang Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto, Selasa.

Sebanyak 107 Taruna Tingkat II AAL tiba di Banjarmasin dalam rangka Latihan Praktek Prajalasesya yang merupakan latihan pengenalan pelayaran. Mereka terdiri dari 96 putra 11 putri yang bakal menyambangi sejumlah sekolah di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. Diantaranya SMAN 2 dan SMAN 3 Banjarmasin serta SMAN 1 dan SMAN 3 Banjarbaru.
Selain itu, para Taruna juga dijadwalkan melakukan kunjungan ke Polda Kalsel, Korem 101/Antasari, Lanud Sjamsudin Noor, Lanal Banjarmasin serta ke Pemprov Kalsel.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina berharap kehadiran para taruna itu bisa  menumbuhkan minat generasi muda di Kota Seribu Sungai untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut, sehingga semakin banyak putra daerah yang sukses berkarier mengabdi di Angkatan Laut.

"Kami senang dan bangga Kota Banjarmasin selalu dipilih menjadi persinggahan dari Latihan Praktek Prajalasesya. Ayo para pelajar di sekolah manfaatkan bertemu taruna untuk bertanya dan menggali informasi tentang Angkatan Laut. Bagi masyarakat silahkan juga datang ke pelabuhan untuk naik berkunjung ke atas kapal," kata Ibnu Sina.
Sementara Komandan KRI dr soeharso Letkol Laut (P) Joko Setiono mengajak segenap masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya untuk mengunjungi dan melihat lebih dekat Kapal Perang Republik Indonesia tersebut.

Apalagi kapal bantu rumah sakit terapung milik TNI Angkatan Laut itu begitu besar dengan segala fasilitas yang dimilikinya. 

"Open ship kami gelar selama dua hari sebelum bertolak kembali ke Surabaya pada 30 Agustus 2018. Jadi manfaatkan kesempatan langka ini untuk bisa menaiki kapal yang merupakan satu-satunya rumah sakit terapung di Indonesia," tuturnya.
Masyarakat pun dipersilahkan mengenalkan tentang Alat Utama Sistem Persenjataan atau Alutsista pertahanan laut milik TNI AL tersebut.

Bahkan warga diperbolehkan berada di anjungan atau ruang komando kapal tempat nakhoda dan kamar radio berada.

Di sisi lain, kedatangan KRI dr. Soeharso-990 yang membawa 107 Taruna Tingkat II AAL disambut meriah dengan tarian sinoman hadrah yang merupakan seni tradisional khas Suku Banjar.
Dua Taruna bersama pengasuh dan Komandan KRI dr. Soeharso-990 secara simbolis menerima pengalungan bunga tanda selamat datang. 

Turut hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdaprov Kalsel Drs H Gusti Burhanuddin yang mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor serta unsur TNI dan Polri seperti Dirpolairud Polda Kalsel Kombes Pol Gatot Wahyudi, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko dan Kepala Staf Korem (Kasrem) 101/Antasari Letkol Inf Rudi Namsyah.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018