Batulicin,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, turut berpartisipasi membantu masyarakat Nusa Tenggara Barat(NTB) yang terkena musibah gempa dengan mengirimkan bantuan berupa pakaian dan uang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Eryanto Rais, di Batulicin, Senin, mengatakan barang yang akan dikirimkan bukan hanya pakaian layak pakai, tetapi juga berbentuk uang tunai.

"Pemkab Tanah Batu juga membantu 200 lembar terpal ukuran 6?8 meter untuk kebutuhan masyarakat yang ada di Lombok,"ujarnya.

Dikatakan, musibah gempa bumi yang menimpa Pulau Lombok saat ini turut mengundang empati dan keperdulian pihak Pemkab Tanah Bumbu.

Oleh sebab itu, Pemkab Tanah Bumbu menggalang dana dari berbagai pihak dan seluruh masyarakat "Bumi Bersujud" yang kemudian dikumpulkan untuk dikirimkan ke Lombok.

Ia menjelaskan, dana yang terkumpul dari seluruh lapisan masyarakat mencapai Rp166 juta lebih.

Untuk memperkuat pengumpulan bantuan Pemkab Tanah Bumbu juga memberikan instruksi kepada seluruh SOPD hingga tingkat kecamatan untuk menggalang bantuan, baik berupa uang maupun pakaian yang masih layak pakai.

"Alhamdulillah, pihak Dinas Pendidikan turut menggerakan anak anak sekolah untuk memfasilitasi masyarakat yang akan menyalurkan bantuannya," tuturnya.

Plt.Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor mengucapkan terimakasih kepada pihak yang turut membantu pengumpulan bantuan untuk korban gempa Lombok.

"Bantuan itu sangat berarti bagi mereka, kerena tak sedikit warga Lombok yang terhenti aktivitasnya akibat bencana tersebut," kata Sudian.

Menurut dia, dengan adanya musibah ini tentu roda perekonomian juga tersendat, maka sudah selayaknya kita prihatin seraya mendoakan agar musibah yang dialami akan cepat berakhir hingga pulih seperti semula.

 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018