Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menyiapkan penerimaan peserta didik baru bagi lulusan sekolah menengah pertama dan sederajat secara "online".

"PPDB bagi lulusan SMP dan sederajat menuju jenjang SMA sederajat dilaksanakan secara terbuka menggunakan sistem "online murni," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Ahmadi Arsyad, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan website khusus yang bisa dibuka peserta terutama peserta reguler untuk mendaftarkan diri ke sekolah-sekolah yang diinginkan yakni www.banjarbaru.sipsb.com.

Penyelenggaraan PPDB menggunakan sistem "online" murni itu dibantu pihak ketiga yang bertugas sebagai pelaksana teknis dan operator sistem yang seluruhnya menggunakan jaringan internet.

Menurut dia, website khusus yang terbuka untuk umum itu sudah bisa dibuka tetapi belum diaktifkan karena jadwal penerimaan bagi peserta reguler belum dimulai dari jadwal yang disiapkan tanggal 26-30 Juni 2012.

"Website khusus yang disiapkan bagi peserta PPDB reguler itu bertujuan untuk memudahkan setiap peserta mendaftarkan diri sehingga mereka tinggal membuka internet dan mengakses website tersebut," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya membagi pelaksanaan PPDB dalam dua tahapan yakni tahap pendaftaran dan seleksi peserta non reguler dan pendaftaran, seleksi serta perangkingan peserta reguler.

Dijelaskan, peserta non reguler merupakan siswa dari keluarga kurang mampu dan ramah sosial atau peserta yang berdomisili di sekitar lingkungan sekolah sehingga diprioritaskan untuk diterima di sekolah terdekat.

"Pendaftaran dan seleksi peserta non reguler dilaksanakan 19-21 Juni 2012 dan setiap peserta mendaftarkan diri di sekolah yang dipilih maupun sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggalnya," ungkap dia.

Sementara, pendaftaran bagi peserta reguler yang merupakan lulusan SMP dan sederajat dari berbagai sekolah bisa mendaftarkan diri dengan membuka website pada 18 sekolah yang melaksanakan PPDB "online".

Dijadwalkan, pengumuman peserta didik yang diterima di sekolah-sekolah dilaksanakan tanggal 3 Juli 2012 baik melalui pengumuman di sekolah maupun ditampilkan dalam website khusus penerimaan siswa baru.

"Total kuota PPDB yang disiapkan bagi peserta non reguler maupun reguler baik yang melaksanakan sistem PPDB "online" dan PPDB mandiri sebanyak 4.420 orang," katanya.C







Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012