Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Warga Nahdiyin dan Muhammadiyah di Kota Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara menggelar Sholat Idul Adha berjama'ah di Mesjid Raya dan Lapangan Pahlawan sekitar pukul 07.20 wita.
 
Takbir berkumandang dan saling bersahutan karena lokasi Mesjid Raya At Taqwa Amuntai dan Lapangan Pahlawan cukup berdekatan.

Warga Muhammadiyah di Kota Amuntai dan sekitarnya menggelar Sholat Idul Adha di Lapangan Pahlawan Amuntai dimulai pukul 07.20 wita.

Bertindak selaku Imam dan Khotib H.Husain Khalid yang menyampaikan Khotbah dengan tema Hakekat Kehidupan dan Nilai Pengorbanan.

Husain dalam Khotbahnya menekankan hikmah dan realisasi ibadah haji dan Qurban dalam kehidupan berkeluarga dan beribadah kepada Allah.
 
"Ibadah haji amat berat dikerjakan tapi banyak orang yang merindukan menunaikanya karena tujuan mereka adalah Allah," ujar Husain.
 
Husain mengatakan, seorang muslim dalam mengarungi kehidupan hendaknya menjadikan Allah sebagai tujuan agar segala masalah dan ujian ringan dijalani.
 
Menurut Husain, segala kesulitan dan penderitaan hidup di dunia tidak ada artinya dibanding penderitaan jika mendapat azab di Akherat.

Melaksanakan Ibadah Qur'ban, lanjutnya tidak lantas menjadikan seorang Muslim bersifat buas karena sudah menyembelih hewan Qur,ban.
 
"Justru setiap Muslim harus mengambil pelajaran bahwa Hewan saja bersedia mengorbankan dirinya untuk Allah, maka sudah selayaknya seorang Muslim juga berkorban untuk mencari Ridho-Nya," katanya.
 
Sementara Sholat Idul Adha di Mesjid Raya At-Taqwa Amuntai selaku Khotib H Syarmadi sekaligus mengimami Sholat Idul Adha.

Dalam Khotbahnya, Syarmadi menyampaikan Ibadah Haji dan Qurban seharusnya menjadikan diri kita semakin dekat dengan Allah, karena dua ibadah itu menunjukkan adanya pengorbanan dan perjuangan dalam ibadah. 
 
"Dalam ibadah ini juga terkandung nilai kepasrahan atau sikap tawakkal kepada Allah untuk mencapai Kerihdoan dan derajat Taqwa," katanya.
 
Tahun ini warga Muhammadiyah menyumbang cukup banyak hewan Qurban melalui Mesjid Al Jihad Amuntai dibanding jumlah hewan Qurban di Mesjid Raya At Taqwa Amuntai.

Mesjid Al Jihad menerima hewan Qurban sebanyaj 13 ekor Sapi dari warga Muhammadiyah di Kota Amuntai dan sekitarnya.
 
Sementara di Mesjid Raya At Taqwa Amuntai menerima sebanyak 9 ekor Sapi diantaranya hewan Qurban dari Bupati Hulu Sungai Utara Abdul Wahid.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018