Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kloter terakhir atau kloter 17 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, telah diterbangkan ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi, melalui Bandara Syamsuddin Noor, Kalsel, pada Senin.

Menurut Kepala Kanwil Kementerian Agama? Provinsi Kalsel H Noor Fahmi di Banjarmasin, Senin, kloter terakhir ini? yang terbang dengan Garuda Indonesia (GA-8117) dan direncanakan mendarat di bandar udara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 13.20 WAS.

"Dengan sudah diberangkatkannya kloter terakhir ini maka total calon haji dan petugas yang diberangkatkan sudah sebanyak 3.886 orang," ujarnya.

 Untuk kloter 17 Embarkasi Banjarmasin ini, kata Noor Fahmi, berasal dari kabupaten Tanah Laut, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala.

 "Jumlahnya sebanyak 323 orang dengan rincian 315 orang Calhaj, sisanya petugas haji dan petugas kloter," tuturnya.

Menurut Noor Fahmi, Calhaj tertua pada kloter terakhir ini berusia 83 tahun atas nama Siti Hamsah, sedangkan yang termuda berusia 18 tahun atas nama Alfia Turrahman Kandarani.

 Dikatakannya, untuk proses keberangkatan Calhaj Embarkasi Banjarmasin sejak 17 Juli hingga 13 Agustus 2018 ini, berjalan cukup lancar.

 "Kita mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang terlibat dalam kelancaran proses keberangkatan ibadah haji tahun ini," ucapnya.

 Utamanya, kata dia, kepada Gubernur selaku pengarah, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Bea Cukai, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Angkasa Pura, Polres Banjarbaru, Kodim 1006, UPT Asrama Haji Banjarmasin serta seluruh instansi ataupun perorangan.

 Terkait masa tunggu keberangkatan haji Kalsel, dia mengungkapkan terhitung tanggal 13 Agustus 2018 pukul 00.00 berjumlah 104.333 orang.

 "Dengan masa tunggu keberangkatan selama 27 tahun," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018