Banjarmasin,(Antaranews Kalsel) - Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, siap menjadi tuan rumah kegiatan budaya tahunan Festival Pesona Budaya Borneo 2 yang dijadwalkan berlangsung tanggal 11-15 Agustus 2018.
     
Panitia festival Susi di Kota Banjarmasin, Selasa mengatakan, festival melibatkan lima provinsi di Pulau Kalimantan (Borneo) dan akan menyajikan berbagai atraksi budaya maupun lomba-lomba.
    
 "Festival menampilkan beragam atraksi budaya dan berbagai lomba disamping menjadi ajang pertemuan investasi yang melibatkan kalangan investor dari lima provinsi di Pulau Kalimantan," ujarnya. 
     
Dijelaskan, ide pertemuan terkait investasi dilontarkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk menawarkan berbagai potensi ekonomi tersebar di berbagai wilayah Kalsel yang terdiri dari 13 kabupaten/kota.
     
Disebutkan, potensi ekonomi yang bisa dikelola kalangan investor baik pertambangan, perkebunan, maupun pariwisata dengan peluang yang masih terbuka lebar untuk lebih dikembangkan. 
     
"Harapan kita semua, peserta yang ikut dalam pertemuan investasi berminat menanamkan modalnya di bidang pertambangan, perkebunan maupun pariwisata yang masih potensial digarap," ungkapnya.
     
Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu dijadwalkan dihadiri Menteri Pariwisata dan sejumlah duta besar negara sahabat yang kedatangannya masih dalam proses konfirmasi.
     
Menurut dia, atraksi dan lomba yang akan digelar antara lain lomba lukis, lomba pahat, lomba balogo, lomba menyumpit, lomba bagasing, lomba desain laung, dan lomba photografi.
     
"Lomba yang dipertandingkan merupakan lomba atau permainan tradisional yang menjadi ciri khas masyarakat Kalimantan khususnya suku Banjar sehingga menjadi ajang melestarikan budaya," ungkapnya. 
     
Sementara itu, atraksi dengan menampilkan seni budaya berasal dari lima perwakilan provinsi yang ada di Kalimantan yakni Kalsel, Kalteng, Kaltim, Kalbar dan provinsi baru Kalimantan Utara (Kaltara). 
     
Kegiatan juga ditandai dengan karnaval budaya yang melibatkan peserta dari Kalimantan sekaligus melibatkan komunitas masyarakat setempat seperti pecinta sepeda tua atau ontel mania.
     
"Pesertai yang datang bukan hanya dari Kalimantan Indonesia tetapi juga perwakilan Kalimantan yang ada di Malaysia, disamping dari Sumatera sehingga festival semakin meriah," ujarnya.
     
Tak ketinggalan, disiapkan sebuah panggung hiburan yang melibatkan beberapa artis dangdut dari ibukota dan artis dangdut Kalsel sendiri yang diharapkan menjadi hiburan bagi masyarakat Kalsel khususnya.*


     





 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018