Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah mengatakan gerakan Pramuka berperan penting dalam pembinaan generasi muda, bahkan menyelesaikan berbagai persoalan sosial seperti fenomena pernikahan dini.

Raudatul yang juga istri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarmasin, Senin mengatakan, berbagai kegiatan dan nilai-nilai yang diajarkan dalam Pramuka, juga dapat menjadi perekat bangsa sekaligus berperan dalam pencegahan permasalahan bangsa.

Raudatul mengungkapkan, saat ini ada beberapa permasalahan yang dihadapi generasi muda mulai dari permasalahan kebangsaan dan permasalahan sosial, pendidikan maupun perilaku.

Salah satu persoalan yang kini banyak terjadi pada generasi muda di Kalsel, salah satunya masih tingginya angka pernikahan dini.

Persoalan pernikahan dini di Kalsel, menjadi salah satu persoalan yang sejak beberapa tahun terakhir menjadi sorotan nasional.

Apalagi dengan adanya peristiwa pernikahan dini di Kabupaten Tapin, yang terjadi beberpa waktu terakhir.

Sebagaimana diketahui, masih tingginya pernikahan dini di Kalsel, antara lain karena masih rendahnya kesadaran orangtua atau masyarakat tentang pentingnya pendidikan.

"Saya yakin, melalui gerakan Pramuka, sosialisasi tentang pentingnya pendidikan bagi masa depan anak, bisa tersosialisasikan dengan lebih baik," katanya.

Melalui bahasa anak muda, anggota Pramuka bisa memberikan pemahaman kepada teman-teman satu generasinya dan para orang tua, tentang pentingnya melanjutkan pendidikan bagi masa depan yang lebih baik.

Generasi muda, tambah dia, merupakan aset berharga bagi bangsa, sebagai pemegang tongkat estafet pembangunan, sehingga harus diberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk maju dan berkembang.

Raudatul Jannah yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel ini, juga meminta kepada bupati dan wali kota untuk terus membina gerakan Pramuka secara berkelanjutan dengan dukungan anggaran.

"Saya harap, bupati dan wali kota memberikan alokasi dana secara berkelanjutan untuk aktivitas gerakan pramuka," katanya.

Hal itu dikarenakan gerakan pramuka merupakan wadah untuk mendidik dan membina generasi muda agar menjadi manusia yang bertakwa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani, serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi.
 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018