Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar kick off atau tanda dimulainya rangkayan kegiatan hari Jadi (Harjad) ke-492 yang digelar di kawasan kuliner Baiman pada Rabu.

Kick off rangkayan Harjad tersebut berbarengan dengan digelarnya acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-46 Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Banjarmasin.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi kawasan kuliner Baiman dijadikan sebagai kick off rangkayan kegiatan Harjad ke-492.

"Apalagi digelarnya bersamaan dengan acara HKG ke-46 PKK, sehingga betul-betul menjadi meriah tempat wisata kuliner ini," ujarnya.

Menurut dia, wisata kuliner Baiman ibu kota provinsi ini adalah bagian dari perhatian pemerintah kota terhadap usaha kecil menengah.

"Semuanya itu harus seiring sejalan bahwa dengan adanya penataan kota di zaman moderen ini. Kita apresiasi paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang tergabung di sini, dari pada mereka lari-larian di kejar Satpol PP karena berjualan ditempat yang terlarang," paparnya.

Dia mengatakan, PKK sebagai mitra pemerintah kota akan turut mendukung keberadaan kuliner Baiman, apalagi sebagai tempat untuk argomina expo dalam rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin.

"Maka kami PKK setelah dengar ide pak wali kota bahwa rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin mengadakan argomina expo dan pekan raya Banjarmasin yang sekaligus meramaikan area kawasan kukiner Baiman ini dan kami PKK langsung siap mendukung,"  tuturnya.

Dalam momentum usia PKK yang sudah 46 tahun, ujar Siti Wasilah, PKK sudah luar biasa, karena ada 10 program pokok PKK kalau bersama-sama bergerak maka tim penggerak pensejahtera pemberdayaan perempuan bisa dilakukan.
 
"Secara khusus tentang upaya peningkatan pendapatan keluarga kami di PKK juga konsen tentang masalah perempuan dan anak, kasus kekerasan dalam rumah tangga dan lain lain yang bersumber dari masalah ekonomi," tandasnya.

Dalam rangkayan acara kick off kegiatan Harjad Kota Banjarmasin yang ke-492 ini, digelar pameran UKM dari lima kecamatan, selain itu digelar pula lomba masak para ibu-ibu PKK kecamatan yang jurinya diketuai chef terkenal di Kalsel, Agus Sasirangan.

 Rangkayan kegiatan Harjad Kota Banjarmasin ke-492 akan berlangsung hingga 24 September 2018, di mana berbagai kemeriahan akan digelar di kota ini, beragam festival, kegiatan sosial dan olahraga. (Lapsus)

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018