Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Perwakilan Pengurus Persatuan Sepak Bola Alabio (Persea) Amang Dadi mengatakan ketegasan Persea bahwa yang berhak mengikuti kompetisi tujuh belasan tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara, memang harus dari klub yang telah menjadi anggota Persea, di wilayah Kecamatan Sungai Pandan.

Ia mengatakan, ada 13 klub anggota resmi dari Persia dan lima belum terdaftar keanggotannya, sementara kouta per kecamatan hanya ada tiga klub jadi tentunya Persia akan memprioritaskan klub yang sudah lama bergabung.

"Kita sudah menjelaskan bahwa hanya ada tiga klub yang bisa mendaftar dan pihak kecamatan menyerahkan kepada pihak kita untuk tiga klub yang akan bertanding, banyak yang berminat mendaftar dan kita juga tahu bahwa kesebelasan Zhaboxs Smanala baru atau tidak lama didirikan," katanya, saat memberikan keterangan via telepon.

Baca juga: Gara-gara aturan tak tertulis kesebelasan Zhaboxs ditolak mendaftar

Dijelaskan dia, sempat bingung untuk mentukan klub mana saja yang akan mewakili, dan ia juga berusaha menghubungi manajemen Zhaboxs Smanala namun belum bertemu, untuk meluruskan persoalan ini dan mengetahui pula bahwa tidak hanya di kecamatan Sungai Pandan, di kecamatan lain pun terjadi persoalan serupa namun tidak terekposes dan viral  seperti di Sungai Pandan.

Camat Sungai Pandan Iqbal memang telah menghubungi pihak dia, bahkan Persea sempat mengultimatum camat bahwa bila kesebelasan yang didaftarkan bukan dari anggota Persia, maka  pihak dia tidak bertanggung jawab.

Besarnya minat untuk mengikuti kompetisi ini memang dibatasi kouta tiga desa masing-masing kecamatan dengan total 32 klub se Kabupaten HSU, maka Persia mengambil keputusan dengan mempertimbangkan beberapa hal, termasuk keanggotaan, kelayakan tim dan personil yang memang mewakili masing-masing desanya.

Baca juga: Sepak bola - Arema targetkan menang di kandang Barito

"Kami tidak ingin dibilang pilih kasih, karena ada tim anggota yang telah lama bergabung dan Persia ini didirikan sejak tahun 1965 dan kita juga telah berpengalaman dalam menggelar turnamen," katanya, yang juga merupakan Kepala Desa Sungai Pandan dan mantan Ketua Persia selama dua periode.

Ditambahkan dia, setelah dua periode menjabat sebagai Ketua Persia kemudian saat ini jabatan tersebut dipegang H Nurani, bersama pengurus Persia lainnya senantiasa siap berkomunikasi dan bersilaturrahmi untuk bersama-sama mengembangkan cabang olahraga sepak bola, khsususnya di Kecamatan Sungai Pandan. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018