Martapura, (Antaranews Kalsel) - Partai Gerakan Indonesia Raya Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mengusung anak muda maju dalam pemilihan umum legislatif dengan komposisi mencapai 50 persen dari keseluruhan bakal caleg.
     
"Hampir 50 persen bacaleg yang maju dalam pileg didominasi anak muda dan kami optimistis mampu meraih suara maksimal," ujar Ketua DPC Gerindra Banjar M Rofiqi di Martapura, Selasa.
     
Ia mengatakan, sesuai jumlah kursi di DPRD Banjar sebanyak 45 kursi sehingga jumlah bacaleg yang disiapkan bersaing dalam pemilu legislatif 2019 mencapai 45 orang tersebar pada enam dapil.
     
Disebutkan, banyaknya anak muda yang berusia antara 25-35 tahun masuk dalam komposisi bacaleg karena mereka memiliki potensi besar untuk meraih suara pemilih pemula.
     
"Suara pemilih pemula cukup besar sehingga kami berupaya menarik simpati mereka melalui caleg-caleg muda yang sudah menyiapkan strategis merangkul pemilih pertama kali itu," ungkapnya.
     
Disisi lain, alasan menempatkan anak-anak muda dalam komposisi bakal caleg juga untuk menyeimbangkan pemikiran orang-orang muda kreatif di era milenial seperti sekarang ini.
     
"Pemikiran anak-anak muda sudah sangat maju dan mereka perlu ruang untuk menyalurkan aspirasinya sehingga kami berupaya mengakomodir mereka," ucap pria berusia 29 tahun itu.
     
Menurut dia, komposisi bacaleg yang sudah disampaikan ke KPU Banjar juga telah memenuhi persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan sehingga tidak ada masalah dalam pencalonan.
     
"Syarat 30 persen keterwakilan perempuan dalam komposisi bakal caleg terpenuhi sehingga untuk persyaratan wajib tidak masalah sehingga tinggal menunggu penetapan," ungkapnya.
    
Dikatakan, melalui caleg-caleg muda termasuk perempuan didukung caleg yang sudah berpengalaman, pihaknya optimistis mampu mencapai 8 kursi di DPRD kabupaten setempat.
     
"Target kami meraih 8 kursi di DPRD dan pemilu legislatif lalu mendapat 4 kursi sehingga naik 100 persen. Kami optimistis meraih target yang ditetapkan itu," katanya.
     
Dikatakan, pihaknya sudah menyerahkan dokumen berisi daftar bakal caleg Gerindra yang disiapkan maju dalam pileg kepada KPU Banjar pada Selasa siang. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018