Banjarbaru, 16/7 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menerima dokumen daftar bakal calon anggota legislatif dari tujuh partai politik peserta pemilihan umum legislatif 2019.

"Kami sudah menerima tujuh parpol yang menyerahkan dokumen berisi daftar bacaleg sebagai syarat administrasi bagi caleg," ujar Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat di Banjarbaru, Senin.

Disebutkan, partai politik yang sudah menyerahkan dokumen bacaleg yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Selasa (10/7) kemudian PKB dan PPB menyerahkan Ahad (15/7).

Sedangkan empat partai politik lain menyerahkan dokumen bacaleg satu hari menjelang penyerahan ditutup, Senin (16/7) yakni Perindo, Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia.

"Kami masih menunggu 9 parpol lain yang dipastikan menyerahkan dokumen, Selasa (17/7) besok karena merupakan batas akhir penerimaan berkas yang harus sudah diserahkan," katanya.

Menurut dia, kedatangan pengurus parpol ke kantor KPU Banjarbaru di Jalan Trikora diperkirakan bergiliran sejak pagi hingga penerimaan dokumen ditutup pada Selasa pukul 00.00 WITA.

"Kemungkinan kedatangan pengurus parpol bergiliran atau bersamaan datang, dan kami melayani mereka yang sudah datang lebih dulu sehingga yang lainnya harus menunggu," ucapnya.

Dikatakan, pihaknya optimistis seluruh parpol peserta pemilu menyerahkan dokumen hari terakhir dan diperkirakan ada parpol yang datang menjelang detik-detik akhir penutupan.

"Kami siap melayani pengurus parpol yang datang, bahkan hingga detik-detik terakhir penutupan. Asalkan sebelum pukul 00.00 WITA, dokumen pasti kami terima dan diperiksa," ujarnya.

Ditambahkan, setiap partai politik menyerahkan dokumen daftar bacaleg yang jumlahnya sebanyak 30 orang dan jumlah itu maksimal sesuai jumlah kursi di DPRD Banjarbaru.

"Setiap parpol maksimal menyerahkan 30 bacaleg. Jumlah itu sesuai jumlah kursi di DPRD, tetapi bisa saja ada partai yang jumlah calegnya tidak mencapai 30 orang dan dibolehkan," katanya. (KR-YRZ).
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018