Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 14 orang mahasiswa dari Negara Taiwan kunjungi Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel.

Mahasiswa tersebut datang pada hari Minggu (15/7) dengan menggunakan mobil cold putih dibantu oleh tiga orang guide dari jakarta, Banjarmasin dan Barabai.

Pertama kali mereka singgah melihat kebudayaan Menganggar Banua di Desa Barikin Kecamatan Haruyan dan membeli hasil-hasil kerajinan tangan warga setempat.

Selanjutnya mereka mengunjungi SMPN 1 Hantakan Kecamatan Hantakan dengan bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah.
 
Para mahasiswa Taiwan saat ikut bersih-bersih di SMPN 1 Hantakan (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Menurut salah satu guru di Hantakan yang berinteraksi dengan mahasiswa Taiwan tersebut, Zaki menyampaikan mereka merupakan mahasiswa dari Student affair of office Chaoyang University of Technology.

"Kalau tujuan mereka datang adalah semacam kuliah kerja nyata selama 14 hari untuk bertukar informasi pendidikan dan kebudayaan yang ada di Kabupaten HST," katanya.

Mereka juga akan mengajarkan ilmu terkait teknologi komputer bagi para pelajar yang ada di Hantakan dan nantinya juga akan berkunjung ke SMAN 4 Barabai.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018