Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Ratusan warga masyarakat terlibat bentrok dan saling baku hantam ditengah Peringatan Hari Bhayangkara ke 72 di Halaman Mapolres Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.
 
Syukur, puluhan petugas kepolisian dari Polres Hulu Sungai Utara (HSU) dengan sigap melerai perkelahian massa dan menangkap pelaku yang di duga menjadi provokator.
 
Ternyata perkelahian warga terjadi alibat dipicu penyebaran berita bohong (hoax) di media sosial, sehingga tanpa meneliti kebenaran beritanya warga menelan mentah-mentah informasi /berita yang disajikan.

"Perkelahian warga ini hanya theatrical dalam rangka memeriahkan Upacara Hari Bhayangkara di Halaman Mapolres," ujar Pejabat Humas Polres HSU Iptu Alam Saktiswara di Amuntai, Rabu.

Alam mengatakan, berita bohong (hoax) sangat membahayakan keamanan dan keterntraman ditengah masyarakat, pengguna media sosial kerapkali membagi (share) informasi yang diterima di medsos tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dahulu.

Atraksi Theatrical disuguhkan oleh gabungan Perguruan Silat Nasional Ampuh Sehat Aman Damai (Persinas ASAD) dan Padepokan Pencak Silat Setia Hati (PSHT) Kabupaten Balangan menampilkan atraksi theatrical bernuansa jurus-jurus pencak silat.

Upacara Hari Bhayangkara ke 72 di Halaman Mapolres HSU juga diisi dengan acara penyerahan penghargaan kepada aparat kecamatan, desa dan tokoh masyarakat Paminggir yang telah membantu rencana pembangunan Polsek Paminggir.
 
Kepada anggota kepolisian yang meraih juara lomba Azan dan Tartil Qur'an yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara juga diserahkan hadiah, tropi dan bingkisan.

Inspektur upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 72 Wakapolres HSU Kompol HM. Tukan SH MH menyampaikab amanat Presiden RI mengapresiasi kinerja kepolisian yang baru saja sukses mengamankan mudik lebaran. Diharapkan kepolisian juga siap mengamankan jalannya pemilihan umum 2018 dan Pilpres 2019 mendatang.

"Kepolisian harus tetap siaga dan waspada dari berbagai ancaman keamanan," katanya.

Sementara Kapolres HSU AKBP Agus Sudaryatno dan Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi menghadiri Peringatan Hari Bhayangkara ke 72 di Polda Kalsel, turut menyaksikan atraksi Polisi Cilik (Pocil) dari SDN Kebun Sari 1 Amuntai yang di undang Kapolda Kalsel untuk tampil pada Peringatan Hari Bhayangkara. 

Tim Pocil SDN Kebun Sari Amuntai Kabupaten HSU merupakan peraih juara satu Lomba Pocil tingkat Polda Kalsel 2018 sekaligus meraih juara Umum.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018