Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan pemeriksaaInn speksi Visual Asam asetat (IVA test) dan Deteksi Dini Kanker Payudara (SADANIS) gratis Dalam rangka memperingati Hari Jadi daerah Kabupaten Banjar yang ke 68 kerja sama dengan TP PKK Kabupaten Banjar  di Aula Kantor Korpri Kabupaten Banjar, Selasa (3/7).

Kegiatan pelayanan kesehatan yang tujukan untuk masyarakat khususnya para perempuan tersebut digelar, selama dua hari mulai dari tanggal 3 Juli 2018 sampai dengan 4 Juli 2018.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah mengatakan pelayanan kesehatan gratis yang dilaksankan oleh Dinas Kesehatan tersebut, agar masyarakat dapat ikut merasakan kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Banjar yang ke 68.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan pelayanan kesehatan gratis ini, masyarakat dapat ikut merasakan kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 68," terang Ketua TP PKK Kabupaten Banjar.

Dijelaskannya, pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara untuk mewujudkan wanita bebas kanker serviks dan kanker payudara khususnya di Bumi Serambi Mekkah.

Diharapkannya, melalui kegiatan tersebut, dapat menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan kewaspadaan sebagai upaya pencegahan dini dua junis penyakit mematikan ini.

Pada kesempatan tersebut Hj Raudathul Wardiyah juga mengingatkan, agar perempuan di Kabupaten Banjar, untuk aktif menjaga kesehatan. Kemudian, dia juga mengajak untuk terus membiasakan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Didampingi jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah juga sempat melihat proses pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tersebut./f

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018