Kandangan,  (Antaranews Kalsel)  - Penyelenggaraan Car Free Day (CFD), di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta menjadi lebih semarak dengan kehadiran konvoi atau parade peserta Festival Banjar 2018.  

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hulu Sungai Selatan(HSS),  di Jakarta,  Minggu (1/7), kontingen Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang diwakili oleh remaja Loksado, yang dipimpin oleh damang dan para tetuha adat, menarik perhatian ribuan warga yang hadir di pawai budaya ini. 

"Mereka tampil dengan pakaian adat Suku Dayak dan disertai tarian adat,  kehadiran kontingen kita sangup menjadi pusat perhatian ribuan warga ibukota yang menghadiri kegitan rutin CFD, di sepanjang Jalan MH Thamrin, Bundaran HI, dan sekitarnya, bahkan ada yang sengaja meminta berfoto dengan kontingen HSS, " katanya. 
 
Pawai Budaya Banjar (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pj Bupati HSS hadiri halal bihalal warga Banjar se dunia

Pejabat (Pj)  Bupati  HSS H. Dahnial Kifli,  mengatakan sangat kagum menyaksikan banyaknya warga Jakarta yang datang, sementara di sisi kiri dan kanan jalan para pedagang masing-masing menggelar lapak dagangannya, dengan beraneka macam produk, mulai dari pakaian, kuliner, minuman, mainan, gadget, elektronik dan produk lokal lainnya.

Menurut dia,  event seperti ini sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak, dan pihak dia merasa harus mengupayakan agar di HSS , juga dapat meniru kegiatan ini, sehingga roda perekonomian masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah bisa terus bergerak.

"Saya juga salut, kalau selama ini HSS juga sudah mampu menyelenggarakan Car Free Sunday, walau tak sebesar ibukota, maka dengan melihat secara langsung diharapkan  format dan pola yang ada bisa ditiru untuk diterapkan di daerah HSS," katanya,  saat secara langsung menyaksikan CFD dan Pawai Budaya Banjar.
 
Rombongan Pemkab HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS Ikuti Festival Banjar 2018

Turut hadir, Sekretaris Daerah  H.M. Ideham, beserta rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara lengkap. Setelah konvoi peserta HSS lewat, rombongan Pemkab HSS langsung ikut bergabung di belakang dan mengiringinya hinggga sampai Bundaran HI. 

Kegiatan konvoi ini merupakan kegiatan hari terakhir, dari seluruh rangkaian Festival Banjar 2018 yang dipusatkan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta sejak digelar tanggal 29 Juni lalu dan dibuka Wakil Gubernur Kalsel,  H Rudy Resnawan dan dirangkai kegiatan halal bihalal.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018