Kandangan,  (Antaranews Kalsel)  - Penjabat (Pj)  Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS),  H Dahnial Kifli, beserta rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) HSS, menghadiri acara silaturrahim sekaligus halal bihalal warga Banjar se-Dunia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)  HSS Hendro Martono,  di Jakarta, Sabtu (30/6), mengatakan kegiatan dilaksanakan di Gedung Theater Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, 
Pj Bupati HSS   didampingi Ketua Tim Penggerak PKK HSS Hj Rahmalina.

"Kedatangan Pj Bupati HSS disambut ramah oleh panitia pelaksana,  sebagian malah sangat penasaran dengan sosok Dahnial Kifli, yang baru sekitar seminggu lebih ini dilantik sebagai Pj Bupati HSS," katanya.
 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama Pj Bupati HSS H Dahnial Kifli (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS Ikuti Festival Banjar 2018

Dijelaskan dia,  acara silaturrahim dan halal bihalal ini mengundang seluruh bupati dan walikota, beserta seluruh jajaran pemerintah kabupaten atau  kota se Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel), dan dihadiri oleh seluruh warga Banjar yang berada di ibukota, luar daerah, bahkan dari luar negeri.

Acara silaturrahmi  ini selain diisi dengan tausyiah oleh Ustadz H. Sopian Al-Banjary, juga menampilkan beberapa atraksi kesenian unggulan dari masing-masing Kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kalsel.

"HSS terpilih sebagai salah satu penampil pertama, menyuguhkan Tari Arak Igal Bajang yang dilakoni oleh para siswa siswi SMP dari Kecamatan Loksado," katanya.

Tarian yang ditampilkan ini menggambarkan tata pergaulan muda-mudi Suku Dayak Loksado, Kabupaten HSS  yang masih terjaga dengan hukum adat istiadat
 
Tari Arak Ijal Bajang Suku Dayak di HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Festival tanglong HSS wujudkan nilai Islami

Suasana lebih meriah saat para penari ini turun ke tengah-tengah penonton,  untuk mengajak beberapa tamu undangan ikut menari di atas panggung.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau akrab dipanggil Paman Birin, mengatakan rasa bangganya dengan kerukunan warga Banjar, termasuk menurut dia mampu menyelenggarakan event sebesar ini setiap tahunnya.

"Bahkan tahun ini  mampu mendatangkan para Duta Besar negara sahabat dalam pembukaan sehari sebelumnya, ini adalah kesempatan emas, bagi kita untuk memperkenalkan budaya Banjar ke dunia internasional," katanya,  saat menyampaikan sambutan.

Turut hadir,   tokoh sepuh Banjar H. Hamidhan, Ardiansyah Farman, dan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie yang ternyata juga adalah asli warga Rantau,  Kabupaten Tapin. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018