Paringin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, nemargetkan perluasan tanam padi  sebanyak 43 ribu hektare untuk musim tanam 2018.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, Jumat (29/6) mengatakan, sebagai wilayah yang memiliki lahan tanam yang cukup luas, serta pengairan persawayan yang cukup mumpuni, target tanam tersebut bukan merupakan hal yang terlalu sulit bagi Balangan.

"Lahan kita masih sangat luas, apalagi pengairan sawah kita juga cukup mumpuni, meskipun jaringan irigasi Bendung Pitap belum beroperasi, sehingga target tanam seluas 43 ribu hektar tersebut bahkan sudah bisa kita penuhi sekitar Juli 2018," sampainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Balangan, Ir Tuhalus mengungkapkan, untuk saat ini target tanam kabupaten balangan, bahkan sudah mencapai 41 ribu hektar lebih.

"Kita hanya kekurangan 1.811 hektar lagi untuk mencapai target tanam 43 ribu hektar. Kemungkinan akhir Juli ini kita sudah bisa mulai merealisasikan sisa target tersebut," jelasnya.

Dikatakan, jika Bendung Pitap sudah mulai beroperasi, maka target tanam Kabupaten Balangan bahkan bisa melebihi luasan saat ini.

"Kabupaten Balangan selalu surplus beras, dan mampu memenuhi target tanam dari pemerintah pusat. Sehingga Kabupaten Balangan berhasil turut melaksanakan program nawacita dengan penguatan swasembada pangan," imbuhnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018