Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar pelatihan manajemen pemerintahan desa bagi kepala urusan keuangan atau bendahara desa se Kabupaten HST, Kamis ( 27/06 ) di Gedung Joeang Barabai.

Kegiatan dengan pemateri dari pihak kejaksaan dan Polres HST itu bertujuan untuk memberikan wawasan dan peningkatan SDM bagi bendahara desa sehingga dapat menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kepala Dinas PMD Subhani mengatakan bahwa Pemda berkewajiban melakukan pengawasan dan pembinaan jalannya roda pemerintahan baik itu di kecamatan maupun desa, sehingga kegiatan pelatihan ini harus jadi bahan evaluasi kinerja pemerintan desa.

"pelatihan hari ini fokus terhadap sistem pengelolaan keuangan desa, oleh karenanya kepada seluruh peserta agar manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Juga diharapkan agar dapat memahami apa yang disampaikan para narasumber, sebagai upaya meningkatkan kapasitas keilmuan dalam penatausahaan keuangan desa.

"Sehingga dapat mengimplementasikannya terhadap pengelolaan keuangan masing-masing desa," Ujar Subhani.

Katanya lagi, Plt. Bupati H A Chairansyah mengharapkan apabila ditemui permasalan di desa, aparat desa harus segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan.

Serta secepatnya dikonsultasikan dengan pemerintah daerah untuk mencari solusi, sehingga sinergitas yang terjalin dari semua unsur tidak menghambat dalam pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Pengelola keuangan desa selalu dipesan oleh Bupati, agar pengelola keuangan desa, clear and clean dalam mengelola uang desa. Jangan sampai karena ketidaktahuan dan kecerobohan terpaksa berurusan dengan hukum," kata mantan Ketua KPU HST tersebut.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018