Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rachmat Mulyana melakukan pemantauan keberangkatan terakhir kapal di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Rabu (13/6) siang.

"Alhamdulilah kapal yang melayani arus mudik Lebaran bisa berangkat sesuai jadwal dan semua pemudik bisa terangkut," ucap Rachmat ketika berada di dermaga pelabuhan milik PT Pelindo III itu.
(antarakalsel/foto/firman)

Kapolda pun berterima kasih kepada seluruh petugas yang tergabung dalam Pos Terpadu Angkutan Lebaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Menurut dia, berkat peran serta anggota gabungan itu, arus mudik berlangsung tertib dan lancar.

"Saya tidak mendapat laporan adanya kejadian menonjol di pelabuhan. Semuanya baik-baik saja. Kemaren hanya ada sempat insiden ramp door kapal KM Kirana IX yang bermasalah tidak bisa ditutup hingga jadwal yang harusnya berangkat dini hari menjadi siang hari," tuturnya.

Adapun keberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Trisakti sekitar pukul 13:30 WITA tersebut, membawa penumpang 1.392 orang dan total kendaraan sebanyak 115 unit. 
(antarakalsel/foto/humaspoldakalsel)


Penumpang KM Kirana IX milik armada pelayaran nasional PT Dharma Lautan Utama (DLU) diketahui paling banyak jumlahnya, sedangkan Niki Barokah yang berangkat Rabu (13/6) pagi, hanya mengangkut 232 penumpang.

Setelah kapal KM Kirana IX yang merupakan kapal terakhir mengangkut penumpang arus mudik dari Banjarmasin, rencana pada Senin (18/7), baru akan ada kembali kapal yang datang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.

Selain memantau area pelabuhan penumpang, Kapolda Rachmat Mulyana yang didampingi Dirlantas Kombes Pol E Zulpan dan Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto juga  sempat mampir ke Pos Pengamanan 4 Lebaran di Jembatan Merdeka Jalan Jenderal Sudirman yang dipimpin AKP Sigit Prihanto selaku Kapospam untuk memberikan bingkisan Lebaran kepada petugas jaga. 
(antarakalsel/foto/humaspoldakalsel)

Kapolda berpesan agar anggota bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan menjaga kondusifitas keamanan, terutama di malam takbiran Lebaran yang merupakan titik kumpul warga di tengah Kota Banjarmasin tersebut. 

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018