Banjarmasin (Antara) - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan, kegiatan wisata pada liburan panjang lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah di daerahnya berjalan aman dan lancar.

Kepala Dinas Pariwisata Tala Khairin mengemukakan harapan pemerintah kabupaten (Pemkab)-nya itu di Pelaihari (ibu kota kabupaten tersebut, sekitar 65 kilometer timur Banjarmasin), Rabu.

"Untuk keamanan dan kelancaran kegiatan wisata tersebut, kami sejak beberapa hari lalu sampai kemarin (12/6) menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait," ujarnya lewat telepon selular (hp) menjawab Antara Kalsel.

Dalam menunjang keamanan dan kelancaran kegiatan wisata di "Bumi Tuntung Pandang" Tala itu pula Pemkab setempat membuat posko terpadu pada tiap objek wisata, terutama di kawasan yang selama ini ramai pengunjung.

Mengenai hiburan pada objek wisata tersebut, dia menyatakan, hal itu tergantung dari masing-masing pengelola, namun yang jelas musik berupa organ tunggal akan menghibur pengunjung.

Di Bumi Tuntung Pandang yang merupakan daerah penerima transmigrasi sejak tahun 1950-an itu terdapat sejumlah tempat rekreasi atau objek wisata, namun yang selama ini banyak pengunjung yaitu Pantai Takisung, Batakan, dan Pantai Swarangan.

Kemudian air terjuan Bajuin, serta Gunung Kayangan yang berada dekat lintasan jalan raya arah timur ke Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kotabaru, Kalsel hingga Tanah Grogot Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kita berharap pengunjung objek wisata di Tala pada lebaran tahun ini sebanyak-banyaknya atau melebihi tahun 2017 tercatat sebanyak 100.000 orang lebih, demikian Khairin.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018