Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan menyebutkan, ada peningkatan kedatangan penumpang di terminal Kilometer 6 Banjarmasin hingga H-6 Hari Raya Idhul Fitri 1439 H.

"Jadi arus mudik di terminal KM-6 sudah mulai tampak, karena kedatangan penumpang meningkat sekitar sepuluh persen dari hari biasa," ujar Kasi Wilayah 1 Terminal Tipe B Dishub Provinsi Kalsel. H. Achmad Husaini di Banjarmasin.

Khususnya, lanjut dia, untuk jurusan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) untuk jurusan Banjarmasin-Balikpapan-Samarinda di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

"Biasa untuk jurusan Banjarmasin-Balikpapan dan Samarinda ini seharinya hanya 5 atau 6 bis yang berangkat, hingga sore ini terjadwal sudah 8 bis yang berangkat, belum sampai malam nanti," papar A Husaini.

Dia mengungkapkan, untuk peningkatan yang signifikan jurusan keberangkatan mudik lebaran di terminal KM-6 ini baru jurusan AKAP untuk daerah tujuan Banjarmasin ke daerah Kaltim.

"Sementara itu, untuk daerah tujuan Banjarmasin ke wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) belum terlihat banyak peningkatan kedatangan penumpang," tuturnya.

Hal yang sama, ungkap dia, untuk jurusan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) juga belum terlihat menunjukkan peningkatan yang signifikan arus mudik penumpang lebaran.

Dia memprediksi, untuk kepergian penumpang dari terminal KM-6 keberbagai jurusan pada H-6 ini melebihi jumlah total penumpang kemarin (8/6) sebanyak 657 orang.

"Saat ini, kita belum bisa menyimpulkan total penumpang yang berangkat melalui terminal ini pada hari ini terkecuali hingga malam nanti," paparnya.

A Husaini mengatakan, untuk pengamanan kelancaran arus mudik lebaran di terminal KM-6 Banjarmasin ini, dua posko didirikan.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018