Barabai, (Antaranews Kalsel) - Komandan Kodim (Dandim) 1002 Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein menjadi Inspektur upacara sekaligus membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo pada peringatan hari lahir (harlah) Pancasila yang berlangsung di Taman Dwi Warna Barabai, Jum'at (1/6). 

Dalam pidato Presiden mengajak semua komponen bangsa untuk meneguhkan semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi.

"Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita," katanya.

Menurutnya masyarakat harus mengingat proses besar pembentukan falsafah dan dasar negara. Pancasila merupakan berkah yang Indonesia miliki di tengah keragaman dan kekayaan suku, budaya, dan agama.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan, dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

Pancasila menurutnya sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Pancasila terus bertahan di tengah arus ideologi lain yang hendak mengubah dasar negara Indonesia. Presiden yakin nilai-nilai Pancasila akan terus diimplementasikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Melalui momentum bulan Ramadhan ini, marilah semangat berbagi sesama warga negara Indonesia terus dilaksanakan, pada intinya agar kesejahteraan dapat terwujud," katanya.

Kepada seluruh elemen masyarakat, para pemuka agama, tokoh agama dan lainya agar pengamalan Pancasila benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengukuhkan derap semangat untuk menjadikan Indonesia yang maju dan jaya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018