Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1003 Kandangan, Letkol Infanteri Suhardi Aji S, kembali menyampaikan pesan- pesan Islami yang menyejukkan dalam memulyakan moment bulan Ramadhan 1439 Hijiryah, saat memberikan kuliah tujuh menit (kultum) di hadapan jemaah Masjid Jami  Ibrahim Negara, Kecamatan Daha selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ia mengatakan, ada beberapa point untuk menjadi ahli syukur, Pertama, hati yang senantiasa syukur, hendaknya menghindari dengki dan mengharap-harap dari manusia, sebab pikiran yang selalu mengharapkan pujian, penghargaan atau perilaku baik dari orang lain akan rentan menyakitkan hati.

"Ini akan membuat kita tidak bersyukur, apabila apa yang kita lakukan tidak sejalan dengan apa yang kita harapkan, jangan pernah berpikir bahwa kita lebih di antara yang lain, karena baiknya kita tidak lebih karena Allah sedang menutup aib dan keburukan kita. cukuplah percaya bahwa Allah senantiasa melihat kita," katanya.
 
Safari Ramadhan Dandim 1003 Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Dandim Kandangan Ingatkan Jamaah Tingkatkan Kualitas Ibadah

Kedua, Lisan yang selalu syukur sehingga kita terhindar dari menghujat Allah dan berkata yang sia-sia, Ketiga, berpikir positif terhadap semua hal yang menimpa kita, dan apabila kehilangan atau kekurangan sesuatu, baiknya  selalu alihkan pikiran tentang apa yang sudah Allah beri dan melihat hal positif apa yang masih melekat pada diri kita. 

Keempat, Selalu mengingat kebaikan orang lain, dengan menyibukkan diri pada mengingat kebaikan orang lain, maka tidak sempat untuk menyesali perbuatan buruk orang lain, karena sejatinya bisa jadi orang tersebut sering membantu mendekatkan kita pada Allah. 

Dan terakhir, Kelima, manfaatkan kesempatan yang ada untuk mendekatkan diri pada Allah, selagi Allah masih memberi kesehatan, harta, keluarga dan banyak hal lainnya, mkaka hendaknya perbanyak bersyukur dengan cara memanfaatkan karunia tersebut untuk selalu beribadah pada Allah.

"Semoga kita senantiasa dijadikan oleh Allah menjadi pribadi yang penuh syukur, bermanfaat dan diridhaiNya," katanya, usai menunaikan Shalat Isya dan Taraweh Berjamaah bersama warga setempat dalam rangkaian Safari Ramadhan.

Baca juga: Dandim Kandangan laksanakan safari Ramadhan

Tak lupa, ia mengajak masyarakat Kabupaten HSS untuk bersatu menjaga keamanan di wilayah HSS, dan mengharapkan masyarakat  untuk bersatu melawan pengaruh teror Bom dan jangan sampai terjadi wilayah di Bumi Antaludin.

Terkait Pilkada mendatang, ia menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesuksesan Pilkada yang akan di laksanakan tanggal 27 Juli 2018 yang diselenggarakan oleh  Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSS, agar dapat berjalan aman dan damai di HSS. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018