Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) akan melaksanakan kegiatan pemasangan Sambungan Rumah (SR) gratis, untuk pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) HSS, Tedy Soetedjo di Kandangan, mengatakan pemasangan ini dalam rangka percepatan target Universal Acces 100-0-100 (100 persen pelayanan air bersih : 0 persen kawasan kumum : 100 persen pelayanan sanitasi) pada tahun 2019.

"Pemasangan SR gratis untuk pelanggan PDAM HSS ini melalui kegiatan pembangunan sarana dan prasarana air bersih perdesaan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018,"katanya.

Dijelaskan dia, pemenuhan layanan akses air bersih kepada masyarakat atau penduduk adalah kewajiban Pemkab HSS, dan pihak dalam pemasangan SR gratis akan bekerja sama dengan PDAM HSS.

Baca juga: Tepi Jalan Longsor Pemkab HSS Surati Pusat

Dengan tujuannya adalah untuk meningkatkan akses pelayanan air bersih, sehingga pencapaian target Universal Acces 100 persen pelayanan air bersih dapat terpenuhi di tahun 2019 mendatang.

Adapun persyaratan yang berhak mengikuti pemasangan SR gratis untuk memenuhi syarat, antara lain penduduk HSS dibuktikan dengan fotokopi KTP, KK pada saat mendaftar.

"Pendaftar sebagai calon penerima manfaat pemasangan SR menyerahkan formulir pendaftaran yang disediakan ke kantor PDAM HSS atau ke Dinas PUTR bidang Cipta Karya," katanya.

Menurut dia, waktu pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Mei sampai 31 Oktober 2018, bertempat di Dinas PUTR serta di Kantor PDAM HSS pada jam kerja.

Baca juga: PDAM HSS Sosialisasikan Sambungan Murah

Sementara untuk jadwal pemasangan, akan dilaksanakan di antara bulan Juli 2018-November 2018 dan untuk pemasangan SR tidak dipungut biaya, pelanggan  cukup menyatakan kesediaan dan membayar iuran bulanan PDAM.

Ditambahkan dia, calon penerima manfaat dapat dibatalkan apabila rumah yang diusulkan belum terakses jaringan pipa distribusi PDAM dan kouta pendaftaran melebih kouta penyambungan yang ada.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018