Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi TNI ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang ke-69 sekaligus apel gabungan Senin (21/5).

Plt. Bupati HST H A Chairansyah yang bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan tertulis Gubernur menekankan kepada sebuah pernyataan dan penegasan kepada rakyat dan dunia bahwa Gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalsel benar-benar ada dan mempunyai kekuatan, serta mampu menyusun suatu pemerintahan dalam wilayah RI.

"Tekad, semangat, nilai-nilai kejuangan, pantang menyerah, dan rasa nasionalisme sangat tepat dan relevan untuk kembali kita gaungkan, kita hidupkan, dan kita tanamkan pada setiap sanubari kita" ujarnya.

Perjuangan untuk negeri dan banua ini, sebenarnya tidak pernah berakhir. selama bangsa ini ada, maka tantangan dan perjuangan masih tetap ada. perjuangan akan terus berlanjut, meski dalam ruang, waktu dan dimensi dapat melanjutkan perjuangan yang telah dirintis oleh para pendahulu.

"Seberapa besar pengabdian dan kontribusi yang telah kita berikan bagi masyarakat, daerah dan bangsa ini tak sebanding dengan perjuangan para pendahulu kita yang rela mengorbankan segala-galanya, bahkan nyawa sekalipun rela mereka korbankan untuk negeri ini," katanya.

Jadi sudah selayaknya menjadi inspirasi bagi semua dalam berbakti dan mengabdi untuk banua dan negeri di masa kini.

Karenanya, setiap memperingati hari bersejarah ini, agar semua kiranya dapat meneladani semangat perjuangan dan kegigihan dari para pendahulu dalam mempertahankan NKRI.

"Peneladanan yang kita wujudkan dalam tekad dan semangat yang kuat untuk bekerja keras, bekerja cerdas, bekeria tuntas dan bekerja ikhlas, untuk "bergerak" berjuang gelorakan rakyat, menjadikan Kalsel sebagai daerah yang sejahtera, berkeadilan, mandiri dan terdepan," katanya.

Di samping mewarisi dan meneladani nilai-nilai kejuangan para pahlawan, sebagai umat beragama, tentu semuanya wajib mendo'akan, semoga arwah para pahlawan yang mendahului kita memperoleh tempat yang layak disisi-Nya, diberikan kelapangan, kebaikan, dan pahala yang tak pernah putus.

"Kita yang menjadi generasi penerus, mudah-mudahan senantiasa diberikan kekuatan dan pertolongan, untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, melalui pelaksanaan, kegiatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat, baik lahir maupun batin," terangnya.

Kegiatan selain dihadiri para ASN di Lingkungan Pemkab HST, juga dihadiri anggota TNI dan Polri sebagai peserta upacara dan undangan seperti Forkopimda dan para tokoh veteran.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018