Paringin, (Antaranews Kalsel) - Berbagai komunitas di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, bersatu padu bahu-membahu dalam kegiatan bertajuk sosial membantu sesama di dalam persatuan Sahabat Balangan Centre (SBC).

Terdiri dari penggiat group Facebook dan Halaman FB Habar Balangan-Balangannews, Berbagi Info Seputar Kalimantan (BISK), para anggota Tagana, para Kepala Desa, hingga para pejabat dinas di lingkup Pemerintahan Kabupaten Balangan, turut ambil bagian dalam kegiatan komunitas tersebut.

Disampaikan Admin Habar Balangan, Roly dengan akun FB Orie Zain Al Ghifari, kegiatan tersebut semata-mata demi menyatukan mereka-mereka yang peduli dengan sekitar. 

"Mari berbagi dengan sesama, mereka tidak butuh embel-embel politik, tidak butuh nama besar komunitas, dan mereka tidak butuh sehebat apa pekerjaan dan jabatan kita, yang mereka perlukan adalah kepedulian kita semua," ungkapnya.

Berbagai problemapun sering ditemui ungkapnya, pernah dikatakan pahlawan kesiangan, cari muka, bahkan hingga dianggap membantu seseorang dalam upaya politik.

"Kita kalau dikatakan seperti itu hanya bisa tersenyum, dan yang pasti bagi mereka yang tidak mampu, mereka tidak butuh pahlawan atau pilihan politik, mereka butuh kepedulian kita, oleh karena itu mari bersama-sama membantu mereka, agar lebih memahami apa yang mereka butuhkan dan apa yang kami kerjakan," tegasnya.

Dalam menebarkan kepedulian kepada sesama, jangan terhenti pada kata "pernah", namun terbarkan secara terus-menerus, imbuhnya.
 
Kegiatan Sahabat Balangan Centre di bulan Mei 2018, bersama lebih dari 50 kaum dhuafa (Antaranews/Roly Supriadi)

Sementara itu, Ketua BISK Balangan, Dewy dengan akun FB Dewy Aza mengungkapkan, kepedulian terhadap sesama, jangan dilandasi atas kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan, apalagi sampai kepentingan politik.

"Jika ingin membantu mereka, mari kita bersama-sama. Baik secara swadaya maupun sumbangan dari pihak lain. Kamipun bekerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya Dinas Sosial, BPJS Balangan, dan pihak lainnya yang kami nilai bisa membantu mereka," terangnya.

Berbagai bantuan seperti membuatkan KTP, lalu mendaftarkannya ke BPJS, selain itu upaya untuk pendataan agar mereka mendapatkan kursi roda, perawatan bagi yang cacat mental, anak-anak yang butuh pendidikan, bedah rumah, jaminan kesehatan, dan lain sebagainya.

"Sebab itulah kita terus pula menjalin komunikasi dengan Dinas-dinas yang ada di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Balangan. Kemudian di bulan Ramadhan ini kita kembali akan menyebarkan kepedulian terhadap mereka secara terus menerus," terangnya.
   
SBC sendiripun kini terus mengajak berbagai elemen dan komunitas untuk bergabung, tanpa memisahkan mereka dengan komunitasnya. "Semua boleh bergabung, baik secara individu maupun kelompok komunitas, untuk gotong royong menebarkan kepedulian terhadap sesama," pungkasnya.


 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018