Batulicin (Antaranews Kalsel) - PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyiapkan tiga unit kapal untuk melayani calon penumpang yang akan mudik dengan menggunakan kapal laut.

"Dharma Lautan Utama menyiapkan kapal angkutan lebaran 2018 untuk rute Batulicin- Tanjung Perak Surabaya dan Batulicin-Makasar Sulawesi Selatan," kata Kepala PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin, Shaleh, di Batulicin, Rabu.

Ia mengatakan, tiga unit kapal tersebut yakni KM Dharma Kartika IX, KM Setya Kencana IX dan KM Dharma Fery dengan masing-masing kapal memiliki kapasitan penumpang mencapai 1000-1500 orang.

"Dua dari tiga kapal tersebut merupakan kapal baru keluar dari pabrik yang didatangkan dari Jakarta, dan sebelumnya untuk melayani penumpang rute Barulicin-Surabaya dan sebaliknya menggunakan KM Kirana dan KM Kirana IX," kata Shaleh.

Ia mengungkapkan, pada hari biasa pihak perusahaan juga mengoperasikan tiga unit kapal, namun yang membedakan hanya frekuensi keberangkatannya bertambah dari satu minggu satu kali keberangkatan mulai Juni 2018 ditambah menjadi satu minggu dua kali keberangkatan.

Penambahan frekuensi pelayaran tersebut untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang kapal yang hendak mudik lebaran 2018 lebih awal ke kampung halaman.

Pihaknya menjamin, Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah calon penumpang kapal akan lebih tertib, lebih aman atau tidak berdesak desakan saat hendak naik kapal.

"Dalam sistem pelayanannya kami sudah menggunakan sistem "Online" sehingga calon penumpang bisa terakomodir secara pasti, dan calon penumpang kapal juga tidak perlu khawatir bahwa setiap penumpang mendapatkan tempat tidur saat kapal berlayar," katanya.

Selain itu untuk meningkatkan pralayanan, para penumpang kapal juga akan dijamin keamanan penumpang dengan mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian dan TNI Angkatan Laut selama kapal berlayar di pelabuhan tujuan.

Ditambahkan Shaleh untuk tahun ini angkutan lebaran yang di operasikan oleh PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin sangat berbeda pada tahun sebelumnya, diantaranya kapal yang di operasikan baru keluaran dari pabrik, kapasitas penumpang lebih banyak, dan kelas ekonomi pada kapal yang baru menyerupai fasilitas VIP pada kapal sebelumnya.

 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018