Paringin, (Antaranews Kalsel) - Safari Pelatihan Jurnalistik untuk kaum muda, dengan tajuk "Mencetak Jurnalis Profesional Yang Berkepribadian Untuk Membangun Banua" yang digagas oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, terus berlanjut.

Kali ini 20 siswa dan siswi pilihan di Madrasah Aliyah (MA) Darussalam, Kecamatan Awayan, kabupaten setempat, mendapatkan giliran untuk memperoleh ilmu tentang jurnalistik. Selasa dan Rabu (15-16 Mei 2018).

Dengan menggandeng narasumber dari Surat Kabar Harian Barito Post, Al Fahri Wanda, serta Jurnalis Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Roly Supriadi, tampak betapa antusiasnya para peserta pelatihan untuk lebih dalam mengetahui tentang jurnalistik.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, S Enggo Widodo mengungkapkan, betapa pentingnya penyelenggaraan kegiatan tersebut.

"Kecerdasan seseorang tidak bisa datang begitu saja, tapi perlu dibangun melalui kebiasaan-kebiasaan, salah satunya adalah baca tulis, yang dalam hal ini bisa dirangsang melalui pelatihan jurnalistik," ungkapnya.

Dikatakan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut diantaranya, memberikan edukasi tentang Jurnalistik kepada generasi muda selaku generasi Jurnalis Indonesia. 

Membimbing generasi muda untuk belajar betapa pentingnya Jurnalistik dalam kemajuan dan pembangunan sebuah daerah bahkan bangsa. 

"Diselenggarakannya pelatihan Jurnalistik adalah untuk menghasilkan generasi jurnalis yang pandai dalam dunia tulis menulis dan merangkum informasi secara aktual, faktual serta menarik," jelasnya.

Sekaligus juga menjadikan generasi Jurnalis Indonesia, mempunyai kualitas yang selalu mengedepankan profesionalitas kebenaran dalam sebuah tulisan dan berita atau informasi.

Hal ini dapat berguna untuk memberikan pencerahan, serta manfaat kepada banyak lapisan masyarakat dan turut membantu mengontrol arah informasi yang benar, serta arah pembangunan bangsa melalui tulisan dan informasi, sekaligus untuk mencegah penyebaran berita bohong atau Hoax.
   

Untuk diketahui, sebelumnya SMAN 2 Kecamatan Juai dan SMAN 1 Paringin, telah pula mendapatkan pelatihan jurnalistik dalam Safari Pelatihan Jurnalistik ala Kominfo Balangan, yang bertajuk "Mencetak Jurnalis Profesional Yang Berkepribadian Untuk Membangun Banua".

Diakhir sesi pelatihan, untuk menambah semangat para peserta, mereka diberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan menulis. Setiap tiga peserta dengan penulisan terbaik akan diberikan reward berupa hadiah hiburan dari panitia penyelenggara.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018