Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Samudra Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menjelang Ramadhan 1439 Hijriah relatif normal.

Kepala PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin, Shaleh mengatakan, jumlah penumpang untuk Batulicin-Surabaya dan sebaliknya rata-rata mencapai 250 orang, 30 unit kendaraan roda empat, 70 unit kendaraan roda dua.

"Sedangkan rute Batulicin-Sulawesi Selatan mencapai 150 orang, 20 unit kendaraan roda empat, 50 unit kendaraan roda dua dalam satun kali keberangkatan," kata Shaleh.

Dikatakan, untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, PT Dharma Lautan Cabang Batulicin terus meningkatkan pelayanan bagi penumpang kapal.

Peningkatan tersebut salah satunya dengan menambah frekuensi pelayaran dari Batulicin-Surabaya Pulang Pergi (PP), Batulicin-Makasar PP.

Penambahan frekuensi tersebut masih dalam pembahasan oleh Pt Dharma Lautan di jakarta untuk menyesuaikan dengan program pemerintah cuti bersama.

Apabila cuti bersama nanti sudah ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), maka kebijakan penambahan frekuensi pelayaran langsung ditetapkan.

Sementara ini, pihaknya juga belum bisa memastikan apakah akan ada kenaikanharga tiket menjelang Ramadahan, namun hingga saat ini harga tiket penumpang danbarangv masih tetap atau tidsak ada kenaikan.

"Harga tiket penumpang rute Batulicin-Surabaya Rp250.000 per orang termasuk makan selama dalam perjalanan, sedangkan untuk Kendaraan roda empat sekelas kijang Rp2.300.000 per unit, namun harga tiket penumpang rute Batulicin Sulawesi Selatan Rp150.000 per orang dan Rp2.100.000 untuk kendaraan roda empat," katanya.

Pihaknya juga mengimbau calon penumpang yang ingin mudik ke kampung halaman mengunakana jalur laut, lebih baik mudik lebaran lebih awal untuk menghindari lonjakan penumpang.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018