Kodim 1002 Barabai menggelar kegiatan donor darah bekerja sama dengan pihak rumah sakit, dan instansi terkait bertempat di ruang laboratorium Rumah Sakit Umum H. Damanhuri Barabai, Rabu(16/52012).

Staf OPS Kodim 1002 Barabai Wahyu Wibowo selaku ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya setelah dilaksanakan di Makodim 1002 kemarin.

“Harapan kami, target perolehan darah mencapai 60 kantong dan  kami sangat berterimakasih dengan anggota TNI  diantaranya juga termasuk dari tim Ekspedisi Khatulistiwa dan  PNS di beberapa instansi tang menyempatkan diri merelakan darahnya diambil,”katanya.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan  kagiatn ini merupakan kemanusiaan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang memebutuhkan darah..

Nazilah, Salah satu petugas laboraturium RSU H. Damanhuri Barabai menjelaskan, dengan menjadi pendonor disamping bermanfaat bagi orang lain juga bermanfaat bagi pendonor sendiri.

“Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh pendonor yakni secara teratur memeriksa kesehatan karena sebelumnya pendonor selalu di cek mengenai tekanan darah, nadi, suhu tubuh, tinggi badan, berat badan, hemoglobine, penyakit dalam, penyakit hepatitis A dan C serta penyakit HIV/AIDS,”jelasnya.

Kemudian ditambahkannya bahwa Pendonor yang teratur mendonorkan darah (setiap 3 bulan) akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung terutama pada laki-laki sebesar 30% seperti serangan jantung koroner dan stroke.

Resiko tersebut dapat diturunkan disebabkan terjadinya pergantian sel darah baru dan terjadi peremajaan darah baru di dalam tubuh pendonor sehingga badan terasa lebih sehat.Fat/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012